ADVERTISEMENT

Animo Tinggi dan Target Vaksinasi Lansia Sebanyak 500 Orang Per Hari, Jakbar Tambah Lokasi di Lippo Mall Puri

Selasa, 9 Maret 2021 16:00 WIB

Share
Animo Tinggi dan Target Vaksinasi Lansia Sebanyak 500 Orang Per Hari, Jakbar Tambah Lokasi di Lippo Mall Puri

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID  - Vaksinasi massal bagi warga lanjut usia (lansia) hari ini digelar di Lippo Mall Puri, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (09/03/2021).

Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Barat, Khristy Wathini mengatakan vaksinasi massal bagi warga lansia di Lippo Mall Puri, sebagai pos tambahan, digelar mulai pukul 10.00 WIB.

"Hari ini jam 10.00-an di Lippo, diminta sama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk membuka pelaksanaan vaksinasi lansia," ujarnya kepada awak media, Selasa (09/03/2021).

Baca juga: Lansia Peserta Vaksin Covid-19 di Warakas Diangkut Mobil Satpol PP Jakarta Utara 

Terkait penambahan lokasi vaksinasi massal di Lipo Mall Puri, Kadinkes Jakbar Khristy mengatakan,  hal itu terjadi lantaran animo masyarakat sangat tinggi untuk divaksin

Selain itu penambahan lokasi vaksinasi massal dilakukan dalam upaya percepatan vaksin khususnya bagi warga lansia.

"Ya, mungkin animo masyarakat yang luar biasa, selain itu permintaan dari Kemenkes untuk membuka kantong-kantong dimana ada banyak lansia, seperti di Lippo Mall Kemang juga udah buka," papar Khristy.

Baca juga: Sebanyak 1.007 Lansia Sudah Disuntik Vaksin Covid-19 di RSUD Tanjung Priok, 87 Gagal Karena Komorbit 

Khsirty mengatakan target vaksinasi bagi warga lansia yang akan divaksin yaitu sebanyak 500 orang perhari selama 3 bulan.

Saat ini jumlah lansia yang sudah divaksin di Jakarta Barat tercatat sebanyak 10,4 persen dari 199.192 warga lansia yang ada di Jakarta Barat.

Untuk percepatan vaksinasi massal bagi warga lansia, Khristy menuturkan selain di Lippo Mall Puri terdapat juga lokasi statis dan lokasi dinamis.

Lokasi statis yang mebjadi tempat vaksinasi yaitu berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Salah satu RSUD yang menjadi lokasi vaksin untuk lansia yaitu RSUD Kembangan dan RSUD Tambora, Jakarta Barat,

Baca juga: Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Targetkan 225.950 Lansia Divaksin Bulan Ini 

Sementara itu lokasi statis yang menjadi lokasi vaksinasi massal untuk warga lansia yaitu berada so sekolah-sekolah dan di GOR yang sudah di sediakan oleh pihak penyelenggara.

Khristy menambahkan, target vaksinasi massal warga lansia seharusnya rampung pada bulan Maret ini, namun karena jumlah warga lansia banyak melebihi kesehatan.

"Harusnya sih maret selesai, tapi sekarang masih 10 persen, ini kan targetnya berapa kali lipat dari nakes kemarin. Nakes kemarin 18 ribu sampai 25 ribu targetnya, ini 199 ribu jadi bisa bayangin aja gimana," jelasnya.

Baca juga: Berikut Daftar 7 Kelurahan di Kebon Jeruk yang Bakal Terima Jatah Vaksinasi Covid-19 Lansia

"Jadi di akhir maret itu diharapkan selesai lansia tapi yg belum gak boleh kita tinggalin, tetap bakal jalan secara bertahap," tambahnya

Lanjut Khristy, dirinya mengatakan bahwa salah satu kendala vaksinasi untuk warga lansia yaitu pada saat pendaftaran di dki.kemenkes.go.id, warga lansia yang sudah dijadwalkan untuk vaksin malah tidak datang.

"Setelah diundang mereka tidak datang, nah itu sih kendalanya, banyak yg tertunda itu aja sih," tandasnya. (Cr01/win).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT