ADVERTISEMENT

Pangkas Angka Kecelakaan Kerja, BPJAMSOSTEK Grogol Gelar Webinar

Kamis, 4 Maret 2021 09:10 WIB

Share
Pangkas Angka Kecelakaan Kerja, BPJAMSOSTEK Grogol Gelar Webinar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Budaya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) sudah dicanangkan sejak setengah abad lalu, namun kecelakaan kerja di Indonesia masih relatif tinggi.

Merujuk data BPJS Ketenagakerjaan, tahun 2020 angka kecelakaan kerja periode Januari hingga Oktober terdapat 177 kasus kecelakaan kerja. Angka ini naik dibandingkan pada tahun 2019 dimana terdapat 114 kasus.

Terkait hal tersebut, BPJAMSOSTEK Jakarta Grogol menggelar acara webinar yang dilakukan pada hari Selasa 2 Maret 2021 yang dihadiri kurang lebih 158 peserta attendes/perwakilan Perusahaan binaan, dengan tema ’Pekerja Sehat Kuat Unggul & Berbudaya K3 Semua Sektor Usaha Dalam Masa Pandemi COVID-19’.

Baca juga: Program Relaksasi BPJAMSOSTEK Berakhir, Ini Hasilnya Untuk Peserta

Irsan Sigma Octavian Kepala Bidang Umum & SDM selaku Pejabat Pengganti Sementara Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Grogol mengungkapkan acara yang dibuat rutin dalam memperingati bulan K3 (Keselamatan & Kesehatan Pekerja) tiap tanggal 12 Januari s/d 12 Februari ini bertujuan untuk meyukseskan program kerja Pemerintah yang sudah diterapkan untuk menciptakan budaya sadar selamat dalam bekerja

Menurutnya, tema peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2021 menjadi semangat dan langkah awal seluruh stakeholder ketenagakerjaan untuk membudayakan kesadaran budaya K3 di semua sektor industri, guna meminimalkan kecelakaan kerja.

“Penting bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia melihat korelasi antara investasi pada K3 dan kinerja. Perusahaan yang meningkatkan investasi di bidang K3, tingkat kecelakaan akibat kerja akan menurun,” ujarnya, yang didampingi Fajar Tri Utomo selaku Kepala Bidang Pelayanan serta Siti Hudarini sebagai Manager Kasus Kecelakaan Kerja dan PAK.

Baca juga: Direksi BPJAMSOSTEK Periode 2021-2026 Siap Menjalankan 5 Program Prioritas

Selain itu, peningkatan kesadaran dan peran berbagai pihak; meningkatkan peran serta Indonesia dalam forum-forum regional dan internasional dalam bidang K3; dan menyempurnakan pelaksanaan pengawasan, informasi dan layanan K3 berbasis digital.

Bambang Utama  Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Jakarta Grogol dalam sambutan tertulisnya mengatakan, untuk menyederhanakan pemahaman dalam mengimplementasikan K3 adalah 3N yaitu Nihil Kecelakaan Kerja, Nihil pelanggaran Norma K3, dan Nihil Penindakan Hukum K3. ‘

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT