ADVERTISEMENT

Waduh! Ratusan Lagu Kpop Kakao M Tetiba Raib, Spotify Bilang Begini

Senin, 1 Maret 2021 14:32 WIB

Share
Waduh! Ratusan Lagu Kpop Kakao M Tetiba Raib, Spotify Bilang Begini

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KOREA, POSKOTA.CO.ID - Penggemar Kpop digegerkan dangan menghilangnya banyak lagu idol mereka sejak semalam. Hal ini tentu mengundang protes karena sebelumnya tidak ada peringatan dari pihak Spotify.

Menanggapi hal ini, Spotify membuat pernyataan resmi yang membahas ratusan lagu Kpop dihapus dari katalognya. Diketahui, lagu yang menghilang dari katalog Spotify ini merupakan rilisan yang diproduksi oleh label Kakao M. Hal ini terjadi karena kontrak antara Kakao M dan Spotify telah habis. Penyataan ini dikonfirmasi oleh salah satu juru bicara dari Spotify.

"Karena perjanjian lisensi asli kami dengan Kakao M berakhir pada tanggal 1 Maret 2021, kami tidak lagi dapat memberikan katalognya kepada penggemar dan pendengar di seluruh dunia," jelas salah satu perwakilan Kakao M, dilansir dari Soompi, Senin (01/03/2021).

Baca juga: Najwa Shihab Membuat Khawatir Netizen dan Penggemar Kpop Soal UU Cipta Kerja

Spotify mengungkapkan pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk melanjutkan kerja sama perjanjian lisensi global dengan Kakao M dalam kurun waktu satu setengah tahun. Namun negosiasi ini tidak memperoleh hasil sepakat.

Spotify selanjutnya mengklarifikasi spekulasi bahwa berakhirnya perjanjian lisensinya dengan Kakao M tidak ada hubungannya dengan peluncuran layanannya baru-baru ini di Korea Selatan, yang menempatkan Spotify dalam persaingan langsung dengan layanan streaming Kakao M sendiri, Melon.

"Masalah perjanjian lisensi global kami tidak terkait dengan peluncuran layanan kami di Korea Selatan," tegasnya.

Baca juga: Sederet Artis Kpop Comeback di Oktober Mendatang

Pihak Spotify mengaku kejadian ini juga menjadi pukulan telak bagi mereka. Sebab sebagian besar lagu Korea di Spotify merupakan distribusi dari Kakao M.

"Kami merasa situasi ini sangat disayangkan bagi banyak artis, serta penggemar dan pendengar di seluruh dunia, dan kami sangat berharap dapat segera menyelesaikan situasi saat ini," lanjut mereka. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT