ADVERTISEMENT

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo Berikan Donor Plasma Konvalesen di PMI

Senin, 1 Maret 2021 19:16 WIB

Share
Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo Berikan Donor Plasma Konvalesen di PMI

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA. CO.ID - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo melakukan donor plasma konvalesen sebagai penyintas Covid-19, Senin (1/3/2021).

"Ini adalah pertama kali saya menjadi atau memberikan donor plasma konvalesen, setelah sejak tanggal 12 Februari lalu saya dinyatakan negatif Covid-19 setelah dirawat 20 hari," kata Doni.

Itu disampaikan Doni saat menjadi donor plasma konvalesen di Markas Palang Merah Indonesia (PMI), Jl Keamanan Raya, Jakarta,  Senin (1/23/2021). . Kegiatan donornya itu disiarkan langsung secara virtual di acara talkshow bertema "Perkembangan Penggunaan Plasma Konvalesen Dalam Pengobatan Covid-19".

Dalam kesempatan itu, Doni yang juga Kepala BNPB itu juga mengajak seluruh penyintas Covid-19 untuk ikut program donor plasma konvalesen untuk membantu pasien lainnya yang belum sembuh.

Langkah Doni menjadi donor plasma konvalesen untuk memenuhi janjinya. Pada Senin 1 Maret 2021 pukul 15.30,  dia mendatangi Markas PMI, Jl Kramat Raya, Jakarta.

Seperti diketahui banyak orang, plasma darah penyintas infeksi Covid-19 yang disebut plasma konvalesen, sangat bermanfaat bagi proses kesembuhan pasien Covid-19 yang masih dalam masa perawatan.

Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu belum lama pulih dari paparan Covid-19. Hari Sabtu (23/1/2021) dinyatakan terpapar  positif tertular virus corona. Kejadian itu menyusul aktivitas padat dalam sepekan terakhir memimpin penanggulangan bencana gempa bumi Sulawesi Barat dan banjir Kalimantan Selatan.

Setelah menjalani isolasi mandiri tak kurang selama 20 hari lamanya, kemudian Doni akhirnya dinyatakan negatif Covid-19.  “Alhamdulillah tentu saya bersyukur kepada Allah SWT atas hasil negatif Covid-19 ini. Saya mengucapkan terima kasih, pertama-tama kepada keluarga. Istri, anak-anak, menantu serta cucu, adalah motivator terbaik saya sehingga tetap bersemangat menjalani isolasi mandiri mengenyahkan virus corona dari tubuh saya,” ujar Doni.

Selain itu, Doni juga berterima kasih kepada dokter di rumah sakit, tim dokter Satgas Covid-19 dan BNPB atas segala dukungan dan perhatian yang telah diberikan. “Termasuk doa kawan-kawan, doa dari masyarakat demi kesembuhan saya,” tambah Doni.

Doni juga mengungkapkan bahwa dia juga telah melalui sejumlah pemeriksaan sebagai penyintas Covid-19 yang lolos persyaratan untuk melakukan donor plasma konvalesen.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Sumiyati
Editor: Sumiyati
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT