ADVERTISEMENT

Kader PKK Cibubur Produksi Minuman Herbal Kembang Telon

Minggu, 28 Februari 2021 08:00 WIB

Share
Kader PKK Cibubur Produksi Minuman Herbal Kembang Telon

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Warga RW 13 Kelurahan Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, membuat terobosan baru demi mewujudkan masyarakat yang sehat. Mereka mengolah Kembang Telon menjadi minuman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan mata, otak, dan jantung.

Ketua TP PKK Kelurahan Cibubur, Sukma Dewini mengatakan, pihaknya sengaja mengolah Kembang Telon karena memang memiliki banyak kandungan. Tanaman tersebut bukan hanya sebagai tanaman hias namun mempunyai manfaat yang terkandung di dalamnya.

“Ini kami olah agar bisa dimanfaatkan warga sekitar dan membuat mereka sehat,” katanya, kemarin.

Baca juga: Warga RW 13 kelurahan Cibubur Dirikan Bank Sampah, Untuk Menambah Pemasukan

Menurut Sukma, Kembang Telon memiliki khasiat untuk kesehatan mata, otak hingga jantung. Karena itu pihaknya mengolah sedemikian rupa agar bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi dengan baik.

“Kami olah dengan dikeringkan untuk menjadi minuman yang memiliki warna biru gelap yang khas dan menjadi pewarna makanan. Biasanya semua diolah dalam bentuk bubuk,” ujarnya.

Guna menjadikan minuman segar yang berkhasiat, kata Sukma, Kembang Telon biasanya ditambah dengan biji selasih. Hal itu selain untuk memberi rasa pada minuman, juga untuk membuat tampilan minuman ini semakin menarik.

“Ini merupakan produk unggulan yang ada di wilayah Kelurahan Cibubur, khususnya RW 13,” ungkap Sukma.

Baca juga: Difabis Coffe and Tea Bisa Jadi Pilihan Kafe Ramah Difabel yang Patut Kamu Kunjungi

Sukma menjelaskan, sejak 2019 olahan kembang telon ini sudah diproduksi kader PKK Kelurahan Cibubur. Ada dua jenis olahan yakni teh bunga telon kering dan minuman teh bunga telon, dengan proses pembuatan yang tidak sulit.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Yulian Saputra
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT