ADVERTISEMENT

Waspada! Tak Hanya Banjir, Angin Kencang Berakibat Pohon Tumbang Ancam Jakarta

Jumat, 26 Februari 2021 12:42 WIB

Share
Waspada! Tak Hanya Banjir, Angin Kencang Berakibat Pohon Tumbang Ancam Jakarta

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

CAKUNG, POSKOTA.CO.ID - Angin kencang yang terjadi sejak Jumat (26/2/2021) dinihari membuat beberapa pohon di Jakarta Timur tumbang. Bahkan dalam semalam, setidaknya empat rumah warga di Jalan Inspeksi Cakung Drain Timur, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, tertimpa pohon dan harus dievakuasi petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat).

Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, pihaknya menerima laporan evakuasi pohon tumpang sekira pukul 08.00 WIB. Kala itu pohon tumbang akibat hujan dan angin kencang yang terjadi pada Jumat dinihari.

"Jenis pohon yang tumbang itu Kapuk, dengan tinggi sekitar 10 meter dan diameter 60 sentimeter," katanya, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Hujan Deras dan Angin Kencang Menerjang, Pohon Tumbang Timpa Musala di Jakarta Timur

Meski pohon tumbang menimpa empat rumah, beruntung tidak ada korban jiwa dimana sebanyak lima KK atau 25 jiwa penghuni rumah selamat. Pasalnya, batang pohon yang tumbang itu tertahan atap bangunan rumah yang ada.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja empat rumah yang tertimpa mengalami kerusakan dibagian atapnya dan kerugian ditaksir mencapai Rp20 juta," ujar Gatot.

Untuk mengevakuasi pohon tumbang, kata Gatot, pihaknya menerjunkan satu unit light rescue berikut enam personel. Mereka yang dikerahkan ke lokasi melakukan penanganan dengan memotong batang pohon menjadi kecil-kecil.

"Dalam penanganan ini kami dibantu sejumlah personel Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Cakung Barat," ungkapnya.

Baca juga: Pohon Tumbang di Cempaka Putih Timpa Dua Motor dan Pagar Rumah Warga

Gatot mengungkapkan, selain pohon tumbang yang menimpa rumah tersebut ternyata masih ada peristiwa pohon tumbang lainnya yang juga terjadi di wilayah Jakarta Timur, di antaranya terjadi di di Jalan Pendidikan Raya, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit. Selain itu pohon tumbang juga terjadi di Jalan R. Soekamto, Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit dan di Jalan Masjid At Tawaw, Kelurahan Cakung Barat.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT