ADVERTISEMENT

Tingkat Kepatuhan Protokol Kesehatan Meningkat Pasca Diterapkan PPKM Mikro

Jumat, 26 Februari 2021 12:05 WIB

Share
Tingkat Kepatuhan Protokol Kesehatan Meningkat Pasca Diterapkan PPKM Mikro

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA CO.ID - Peta zonasi tingkat kepatuhan protokol kesehatan per 21 Februari 2021 berada di atas 61 persen. Peningkatan itu terjadi setelah diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM Jawa Bali dan PPKM mikro.

Demikian disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangannya di Graha BNPB, Kamis (25/2/2021) sore yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Kabupaten/kota yang sudah patuh memakai masker melebihi 75 persen atau sebanyak 284 kabupaten/kota.

Baca juga: PPKM Berdampak Positif Pada Penurunan Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia

Wiku mengatakan, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan, yakni masih terdapat 99 kabupaten/kota dengan kepatuhan di kisaran 61 - 75 persen. Bahkan terdapat 71 kabupaten/kota kurang dari 60 persen.

Dia mengatakan pada kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan, didominasi kabupaten/kota dengan tingkat kepatuhan melebihi 75 persen yaitu sebnyak 275 kabupaten/kota.

"Meski demikian, masih terdapat kabupaten/kota dengan tingkat kepatuhan 61 - 75 persen atau 105 kabupaten/kota. Bahkan terdapat 74 kabupaten/kota dengan tingkat kepatuhan dibawah 60 persen," tuturnya.

Baca juga: Disiplin Protokol Kesehatan Warga Masih Rendah, Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Metro Jaya Turun Tangan

Dan jika menyandingkan peta zonasi kepatuhan protokol kesehatan dan perkembangan kasus positif Covid-19 mingguan terlihat sejalan. Melihat grafiknya, pada 3 minggu pertama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kabupaten/kota Jawa - Bali, grafiknya terus meningkat.

Namun, grafiknya menurun pada minggu PPKM mikro, meskipun sedikit meningkat pada minggu ini atau minggu kedua. Hal ini sejalan dengan grafik kepatuhan memakai masker, yang mana grafiknya terlihat menurun sebelum PPKM hingga minggu keempat PPKM. Dan selanjutnya grafiknya terus meningkat hingga saat ini atau minggu kedua PPKM mikro.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT