ADVERTISEMENT

Jokowi Tegaskan Indonesia Negara Tercepat di Asia dalam Melakukan Vaksinasi Covid-19

Kamis, 25 Februari 2021 21:31 WIB

Share
Jokowi Tegaskan Indonesia Negara Tercepat di Asia dalam Melakukan Vaksinasi Covid-19

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia termasuk negara tercepat yang melakukan vaksinasi Covid-19 bagi warganya di antara negara-negara Asia lainnya.

 "Vaksinasi tersebut pada tahapan awal memprioritaskan tenaga kesehatan dan pekerja publik sebelum kemudian berlanjut kepada masyarakat luas," terang Jokowi.

Itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan pidato kunci secara virtual pada acara tahunan CNBC Indonesia Economic Outlook 2021,  Kamis (25/2/2021) yang mengangkat tema "Menuju Pemulihan Ekonomi Indonesia 2021".

Baca juga: HMI-MPO Soroti Kerumunan Kegiatan Jokowi di NTT

"Kecepatan dalam penanganan krisis kesehatan tersebut selaras dengan upaya pemerintah untuk turut mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Tahun 2021 ini, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp372 triliun untuk mengupayakan hal itu," terang Jokowi.

Kepala Negara menegaskan kunci dari pemulihan ekonomi nasional saat ini ialah bagaimana pandemi Covid-19 yang melanda setidaknya 215 negara dunia dapat teratasi. Untuk menangani hal tersebut, pemerintah Indonesia tengah berupaya keras untuk melakukan percepatan dalam penanganan krisis kesehatan.

"Kunci pemulihan ekonomi kita adalah kemampuan kita dalam mengatasi pandemi. Penanganan 3M, 3T dan PPKM skala mikro harus terus kita lanjutkan. Pada saat yang sama, sekarang ini kita besar-besaran melakukan vaksinasi," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Perdana Insan Pers di Gelora Bung Karno

Presiden menjelaskan berbagai stimulus telah diberikan dari sisi permintaan dan penawaran baik melalui bantuan sosial, Program Keluarga Harapan (PKH), subsidi gaji, Kartu Prakerja, program padat karya yang sangat banyak, bantuan produktif bagi UMKM, serta relaksasi maupun restrukturisasi pinjaman, keringanan pajak, dan kemudahan-kemudahan lainnya.

Melalui sejumlah program seperti padat karya dan belanja pemerintah, penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat terdampak dapat diwujudkan dalam jangka pendek.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT