ADVERTISEMENT

Dinas KPKP Gelar Pelayanan Kesehatan Kuda di Empat Wilayah Jakarta, Cek Lokasinya!

Kamis, 25 Februari 2021 16:30 WIB

Share
Dinas KPKP Gelar Pelayanan Kesehatan Kuda di Empat Wilayah Jakarta, Cek Lokasinya!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memberikan pelayanan kesehatan kuda di Jakarta, Kamis (25/2/2021). 

Kegiatan bakti sosial tersebut dilakukan secara serentak di empat wilayah, yakni di Jalan Arjuna Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat; Jalan Penggarengan RT 10/ 09, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur; Jalan Halimah, Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan dan Jalan Ekpeksi RT 13/07, Tanah Merah Kali Betik, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

"Pada hari ini Kamis tanggal 25 Februari kami ada kegiatan serentak di empat wilayah, kebetulan kami pusatkan di Jakarta Utara. Alhamdulillah kami terima kasih banget sama Dinas yang telah menginisiasi kepedulian kuda khususnya penarik," kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Hasil Pemeriksaan Dokter Hewan, Kuda di Pangkalan Delman, Koja, Jakarta Utara, Dinyatakan Sehat

Adapun pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas di antaranya pemberian vitamin, cek kesehatan kuda, dan pemberian pakan berupa tujuh karung dedek yang total beratnya 200 kilogram.

"Hari ini pemberian vitamin, dicek kesehatan hewan dan ada juga bantuan dari Jakarta Animal Aid Network (JAAL) itu berupa makanan ternak," katanya lagi.

Koordinasi Substansi Kesejahteraan Hewan Kementerian Pertanian, Hastho Yulianto menerangkan latar belakang adanya kegiatan bakti sosial ini guna membantu para kusir delman yang perekonomiannya melemah karena efek pandemi Covid-19. Kondisi itu membuat kusir-kusir kesulitan untuk memberi makan kudanya.

"Untuk membantu teman-teman penarik kuda delman mendapatkan pakan, sehari-hari yang biasa narik delman seminggu penuh, sekarang kan (selama pandemi) paling hanya seminggu sekali," ujarnya.

Baca juga: Cerita Mas Ngabei Sunardi, Kusir Setia Jokowi dan Iriana

Husin (62), kusir delman, bersyukur atas pemberian vitamin dan pakan untuk kudanya. "Syukur alhamdulillah, banyak-banyak terima kasih atas perhatian dan partisipasinya," tuturnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT