ADVERTISEMENT

Airlangga Hartarto Ungkap Tren Pemulihan Ekonomi Nasional Mulai Terlihat di Masa Pandemi Covid-19

Kamis, 25 Februari 2021 16:41 WIB

Share
Airlangga Hartarto Ungkap Tren Pemulihan Ekonomi Nasional Mulai Terlihat di Masa Pandemi Covid-19

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa perekonomian nasional sudah berada dalam tren pemulihan dari Pandemi Covid-19.

Airlangga mengatakan, tren pemulihan juga terlihat dari beberapa data indikator perekonomian nasional. Pemerintah memproyeksi pertumbuhan ekonomi nasional masih dipatok pada angka 4,5%.

"Optimisme pemulihan ekonomi diharapkan berlanjut hingga 2021, berbagai lembaga internasional baik itu bank dunia, OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development), ADB (Asian Development Board), dan IMF (International Monetary Fund) memproyeksikan pertumbuhan Indonesia 4%-4,8%, ini sejalan dengan target pemerintah sebesar 4,5%," ujarnya dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2021, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Airlangga Beberkan Strategi Pemerintah Menjaga Daya Beli Masyarakat di Tengah Pandemi

Tanda-tanda pemulihan ekonomi, ungkapnya, mulai terlihat dari perbaikan indikator aktivitas manufaktur yang masuk pada level ekspansif di 52,2%.

Kemudian tren perbaikan indeks kepercayaan konsumen bulan Januari juga pada 84,8%. Termasuk juga peningkatan kredit usaha rakyat (KUR) yang realisasinya sebesar RP 196,4 triliun di 2020, dan akan dinaikan pada 2021 menjadi Rp 253 triliun.

Menko Perkonomian mengatakan, selain itu kenaikan pembiayaan fintech dan pertumbuhan realisasi investasi juga mencerminkan persepsi positif dari pelaku usaha. Indikator lainya Indeks Harga Saham Gabungan dan nilai tukar Rupiah yang mengalami perbaikan hingga menyentuh pada level sebelum pandemi Covid-19.

"Harga komoditas mulai membaik mencerminkan peningkatan pada waktunya pada penerimaan negara," tuturnya.

Baca juga: Penyerapan Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional Melebihi Rp100 triliun

Airlangga mengatakan tanda-tanda kebangkitan juga sudah mulai dirasakan dari akhir tahun 2020. Optimisme terasa di 2020 ekonomi Indonesia tercatat -2,07 year on year (yoy), tapi lebih baik dari negara yang tergabung di kelompok G20 dan tidak lebih rendah dari China, Korea Selatan dan Vietnam.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT