ADVERTISEMENT

Penyandang Disabilitas Juga Bisa Terjun ke Industri Musik

Minggu, 21 Februari 2021 23:01 WIB

Share
Penyandang Disabilitas Juga Bisa Terjun ke Industri Musik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Semangatnya tak seredup pandangannya. Group band ini yakin memiliki potensi yang bisa digali.

Meski terkadang mereka hanya bisa melihat dalam gelap, terkadang abu-abu atau kadang seperti memandang dari balik kaca mobil yang penuh air hujan deras dan buram.

Begitu kira-kira yang dialami penyandang disabilitas sensorik netra yang menggawangi Disnet Band.  Ini yang bisa membawanya menjadi role model para penyandang disabilitas sensorik netra lainnya.

Ega Setiawan (28 tahun) drummer kebanggaan Disnet Band dulu  pernah berada di titik terendah, menyalahi anugerah. Kini Ia menjadi instruktur keterampilan musik  di Balai Disabilitas Tan Miyat Bekasi setelah 5 tahun menjadi penerima manfaat di Balai tersebut.

Baca juga: Mensos Minta Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Ditingkatkan Sesuai Standar

Mulanya, Balai Disabilitas Tan Miyat Bekasi hanya memfasilitasi alat musik kepada para penerima manfaat sebagai ekstrakurikuler. Hal ini ditujukan agar para penerima manfaat tidak jenuh dan bisa mendapat hiburan.

Tahun 2014, Disabilitas Netra Band (Disnet Band) dibentuk. Band ini anggotanya beregenerasi. Jadi dari tahun ke tahun akan berubah formasi personilnya sesuai dengan yang saat itu sedang mendapat layanan rehabilitasi sosial di Balai Disabilitas Tan Miyat Bekasi.

Berkat ketekunan berlatih dan kepiawaian mereka bermusik, Disnet Band akhirnya tidak hanya diundang di acara Kementerian Sosial, tapi juga oleh Kementerian/Lembaga lain untuk mengisi acara.

Bahkan mereka juga diminta menciptakan beberapa lagu terkait program Kementerian/Lembaga.

Baca juga: Penerima BST Kategori Lansia dan Disabilitas di Jakarta Utara Bisa Diwakilkan

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT