ADVERTISEMENT

Kolinlamil Kini Punya Satu Unit Peralatan Laboratorium PCR Mobile

Sabtu, 20 Februari 2021 23:25 WIB

Share
Kolinlamil Kini Punya Satu Unit Peralatan Laboratorium PCR Mobile

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) kini punya satu unit peralatan Polymerase Chain Reaction (PCR) mobile. 

Hal itu setelah Kolinlamil menerima penyerahan satu unit laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) mobile dari Markas Besar TNI Angkatan Laut yang berlangsung di Mako Kolinlamil, Sabtu (20/02/2021).

Peralatan yang di terima tersebut terdiri dari dua unit kendaraan dengan rincian satu unit mobil laboraturium dan satu unit mobil pendingin - 20 derajat.

Penyerahan simbolis dilakukan oleh Kasubdis Fasjasang Dinas Fasilitas Pangkalan (Disfaslan) Mabesal Kolonel Laut (T) Hotdi Sinaga kepada Asisten Logistik (Aslog) Pangkolinlamil Kolonel Laut (T) Al Imron.

Nantinya, mobil lab PCR ini akan digunakan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kolinlamil dalam rangka meningkatkan jumlah pengetesan massif di jajaran Kolinlamil.

Bantuan mobil PCR ini merupakan salah satu program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam penanganan penanggulangan covid 19 dilingkungan TNI AL.

Contact tracing (pelacakan kontak erat) dan pengetesan masif adalah kunci penanggulangan COVID-19 dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau the new normal.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan (mobil lab COVID-19) dari Mabesal. Dengan bantuan (mobil lab), akan kita serahkan kepada Diskes Kolinlamil yang akan terfasilitasi dalam melaksanakan pengetesan metode PCR," ujar Aslog Panglima Kolinlamil.

Peralatan mobil lab PCR tersebut dilengkapi Bio Safety Cabinet untuk pengerjaan sampel serta ruangan dengan negative pressure yang difiltrasi oleh HEPA filter serta fasilitas pengaman lainnya sesuai standar WHO.

Setelah penyerahan dilapangan parkir, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis di Gedung Laut Nusantara.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT