ADVERTISEMENT

Yuk, Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Rabu, 17 Februari 2021 18:19 WIB

Share
Yuk, Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengenalan menabung merupakan salah satu kebiasan baik yang wajib ditanamkan bagi anak-anak sejak dini. Kebiasaan menabung mengajarkan anak untuk berhemat dan bertanggung jawab dalam menggunakan uang.

Yeni Rizky (35), ibu rumah tangga, mengaku sengaja mengajarkan kebiasaan menabung sejak dini kepada anaknya agar membentuk kebiasaan baik dalam mengatur dan merencanakan keuangan saat sang anak dewasa nanti.

"Bagus untuk membentuk kebiasaanya dalam mengatur dan merencanakan keuangan pada kemudian hari," ujar Yeni, Rabu (17/2/2021).

Pengenalan menabung sejak dini diharapkan dapat membentuk kebiasaan baik kepada anak untuk belajar berhemat dan disiplin dalam mengelola keuangan. (toga)

Baca juga: Aplikasi BTN Properti Permudah Pembelian Rumah di Tengah Pandemi

Yeni melanjutkan, peran orang tua dibutuhkan untuk mengajarkan sang anak agar dapat menabung sehingga terbentuk beberapa poin dari kebiasaan menabung sejak dini. Adapun kebiasaan baik yang timbul dari mengajarkan anak sejak dini yakni belajar bertanggung jawab, belajar berhemat, belajar mengatur keuangan, belajar disiplin dan belajar menghargai uang.

"Yang pertama anak akan menjadi bertanggung jawab akan segala hal, dan anak juga akan mulai belajar berhemat dan mengatur uang jajan untuk dapat menabung. Selain itu anak juga akan disiplin untuk selalu menyisihkan uang jajan dan mulai menghargai setiap uang yang diberikan orang tua," katanya.

Ibu mengenalkan pentingnya menabung sejak dini kepada anak-anaknya di Jakarta, Rabu (17/2/2021). (toga)

Menurut Yeni, yang tak kalah penting adalah mengajarkan si buah hati agar dapat menyiapkan dana darurat dan bijak dalam mengambil keputusan.

"Ya kita tidak tahu kedepannya akan seperti apa, makanya kalau dia punya tabungan maka dia akan mempunyai emergency fund atau dana darurat," tutupnya. (toga/ys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT