ADVERTISEMENT

Ekonomi Masih Tertatih-tatih, Pengusaha Kuliner Tetap Optimis

Senin, 15 Februari 2021 13:30 WIB

Share
Ekonomi Masih Tertatih-tatih, Pengusaha Kuliner Tetap Optimis

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pandemi virus corona atau Covid-19 yang sudah terjadi hampir setahun berdampak langsung ke berbagai aspek ekonomi masyarakat, tak terkecuali Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di sektor kuliner.

Sekjen Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (APKULINDO), Masbukhin Pradana mengatakan bahwa banyak anggota APKULINDO mengalami penurunan omzet signifikan hingga gulung tikar.

Pria yang juga owner (pemilik) Kubiz Tv itu pun memprediksi bahwa pada 2021 akan banyak restoran gulung tikar akibat pandemi Covid-19. Permasalahan bukan hanya soal kebijakan pemerintah atau penurunan omzet, namun paling berat pada tahun ini adalah biaya sewa restoran.

“Jika outlet itu sewa, kalau mereka bisa tidak rugi saja membayar biaya operasional setiap bulan mungkin bisnis itu bisa berlanjut sampai mereka menghabiskan sewa,” ujar Masbukhin.

Baca juga: Nasib Pasar Taman Puring, Banyak yang Gulung Tikar Sudah Gitu Pedagang yang Masih Buka Harus Giliran

Ada beberapa pemilik properti menyewakan tempatnya untuk restoran dan mengerti dengan keadaan saat ini, di antaranya dengan memberikan diskon atau keringanan bayar sewa per bulannya. Hal tersebut tentu bisa meringankan beban pengusaha kuliner.

Namun, ada juga pihak menaikkan harga sewa propertinya dan ini yang membebani para pengusaha kuliner yang menyewa tempat tersebut sehingga memilih untuk gulung tikar karena merugi dan mahalnya biaya sewa.

“Hal ini yang kemungkinan besar orang (pengusaha) kalau sudah tidak punya tabungan terus masih meragukan kondisi bisnis ini kedepan, dia (pengusaha) akan tutup apalagi kemarin-kemarin sudah rugi banyak,” tambahnya.

Baca juga: 1.920 Jakpreneur Kuliner hingga Jasa Dibina Dinas Sosial DKI Jakarta

Namun menurutnya, secara emosional para pengusaha kuliner meyakini bahwa ekonomi akan bangkit pada 2021. Banyak cara akan dilakukan oleh pengusaha kuliner untuk tetap bertahan mulai dari menggunakan dana talangan, tabungan hingga pinjaman untuk pembayaran sewa selama satu tahun kedepan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT