JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kebon Sirih terus melakukan edukasi layanan prima salah satunya sosialisasi pelayanan cepat berbasis elektronik kepada peserta via zoom.
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kebon Sirih Tonny W.K menyatakan bahwa BPJamsostek konsisten memberikan layanan terbaik kepada seluruh peserta jaminan sosial ketenagakerjaan dengan mengoptimalkan pelayanan berbasis elektronik yang mudah dan cepat.
“Kami memiliki sejumlah kanal pelayanan elektronik baik berbasis web maupun aplikasi yang dapat diunduh di telepon pintar Bapak Ibu semua. Layanan seperti SIPP, BPJSTKU, dan Lapak Asik dapat memudahkan dalam melakukan pelaporan upah dan tenaga kerja, cek saldo hingga pengajuan klaim,” kata Tonny yang mengatakan acara digelar pada Rabu (03/02/2021) lalu.
Selama tahun 2020, BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kebon Sirih telah melakukan pembayaran klaim program-program BPJS Ketenagakerjaan dengan total sebesar lebih dari Rp403 miliar.
Baca juga: Kampanye Bulan K3, BPJAMSOSTEK Jakarta Pulo Gebang Bagikan Corona Safety Kit Kepada Peserta
Rinciannya antara lain pembayaran klaim Jaminan Hari Tua (JHT) sebanyak 9017 berkas klaim dengan nominal pembayaran klaim sebesar 389 Milyar Rupiah dan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebanyak 152 klaim dengan nominal pembayaran sebesar Rp6,8 miliar .
Pihaknya juga membayar klaim Jaminan Kematian (JKM) sebanyak 131 klaim dengan nominal pembayaran sebesar Rp4,8 miliar dan klaim jaminan pensiun sebanyak 1911 klaim dengan nominal pembayaran sebesar Rp2,6 miliar.
“BPJS Ketenagakerjaan akan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada peserta. Contohnya pelayanan di era pandemi Covid-19 yang tetap dapat berlangsung secara online tanpa perlu bertatap muka, adalah salah satu contoh inovasi yang dilakukan BPJamsostek. Komitmen kami jelas pelayanan prima kepada peserta” jelas Tonny.
Selain pelayanan prima, BPJS Keteenagakerjaan Jakarta Kebon Sirih juga berkomitmen dalam pencapaian target kepesertaan di tahun 2021.
Hal ini tercermin dari capaian baik selama pandemi covid-19 tahun 2020 yang terbilang memuaskan.
Kinerja BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kebon Sirih selama pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020 sangat baik dengan tercapainya realisasi iuran penerima upah (PU) sebesar Rp 2,8 triliun dari target sebesar Rp2,1 triliun dengan persetanse realisasi capaian iuran sebesar 133 persen.
Realisasi iuran bukan penerima upah (BPU) sebesar Rp2,8 miliar dari target sebesar Rp2,6 miliar dan realisasi iuran jaminan konstruksi (Jakon) sebesar Rp5,4 miliar dari target sebesar Rp1,6 miliar.
Baca juga: Setelah 6 Bulan, Program Relaksasi Iuran BPJAMSOSTEK Berakhir Februari Ini
“Kami optimis dalam pecapaian target kepesertaan guna memberikan jaminan terlindunginya para pekerja dengan program jaminan sosial ketenagakerjaan,” tutup Tonny.(tri)