Cuaca Ekstrim, Ini Dia Lokasi-lokasi di Depok yang Rawan Longsor dan Banjir

Kamis, 28 Januari 2021 17:00 WIB

Share
Cuaca Ekstrim, Ini Dia Lokasi-lokasi di Depok yang Rawan Longsor dan Banjir

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Cuaca ekstrim musim hujan di Kota Depok, rawan terhadap bencana longsor dan banjir.

Hal ini diantisipasi petugas Damkar Kota Depok dengan turun langsung mengambil langkah persuasif pencegahan. Damkar Depok memetakan lokasi-lokasi yang rawan bencana longsor dan banjir.

Menurut Kadis Damkar Kota Depok R.Gandara Budiana, dari hasil pemetaan yang dilakukan anggota sesuai kejadian di tahun sebelumnya ada lokasi-lokasi yang dianggap rawan bencana longsor dan banjir.

Baca juga: Tebing Setinggi 15 meter di Gunung Mas Puncak Longsor, Lalu Lintas Ditutup Sementara

"Lokasi rawan bencana yaitu di wilayah Cimanggis perbatasan Sukmajaya ada Taman Duta, Bukit Cengkeh dan wilayah Sukma ada Kali Mulya. Kecamatan Pancoran Mas yaitu Komplek Marinir, Kampung Sawah," ujarnya kepada Poskota ,Kamis (28/1/2021) siang.

Mantan Kasat Pol PP dan Kadishub Kota Depok ini untuk genangan air terdapat di Jalan Arif Rahman Hakim dan dari semua wilayah yang ada kerawanan bencana rata-rata banjir dan longsor.

"Jalan Arif Rahman Hakim jika hujan turun tepat turunan flyover langganan genangan banjir. Seperti halnya di wilayah Cipayung dekat TPA dan Perumahan BSI Sawangan kali pesanggrahan meluap dan membanjir pemukiman warga sampai dievakuasi," tambahnya.

Baca juga: Anggota DPRD Depok Tinjau Lokasi Genangan, Gorong-gorong Mampet Jadi Penyebab Segera Diperbaiki

Lalu di daerah Kecamatan Cinere titik rawan bencana banjir ada di Kelurahan Krukut perbatasan Gandul. kecamatan Bojongsari ada perbatasan dengan Bojongsari Lama

"Daerah Kecamatan Pancoran Mas jalur kali licin ada tebing rawan longsor seperti halnya jembatan jemblongan sama rawan longsor," tambahnya.

Gandara mengungkapkan langkah upaya yang sudah dilakukan adalah sudah menyiapkan pengadaan apel tim siaga bencana pada Oktober dan Nopember kemarin in

"Bersama stakeholder, damkar, Dinkes, PMI , TNI, Polri, ikut dalam apel kesiapsiagaan personil melakukan pengecekan rutin," ujarnya.

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Gunung Mas Puncak, 68.000 Pelanggan PDAM di Depok Terdampak

Dalam mengatasi genangan di jalan, lanjut Gandara, bekerjasama dengan petugas dinas PUPR yakni tim BMSDA satgas banjir untuk mengerok kali yang dangkal.

"Petugas Dinas PUPR  lagi giat membersihkan kali dan antisipasi rawan banjir berpotensi banjir.  Saat ini tim Satgas banjir sedang membersihkan sampah di Kali Baru Cimanggis.

"Kita membuka hotline selama 24 jam di layanan operator 112 siap menerima laporan terkait kesiap-siagaan bencana terutama juga informasi dapat diberikan langsung ke lima UPT yang ada di Depok," tutupnya. (Angga/win)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar