Dinkes Tangerang Sebut Efek Samping Vaksin Hanya Nyeri Bengkak dan Kemerahan

Jumat, 15 Januari 2021 17:47 WIB

Share
Dinkes Tangerang Sebut Efek Samping Vaksin Hanya Nyeri Bengkak dan Kemerahan

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Dinas Kesehatan Kota Tangerang mangajak masyarakat untuk serta dalam program vaksinasi nasional sehingga dapat keluar dari situasi pandemi Covid-19.  

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi menerangkan manfaat vaksinasi Covid-19, untuk menciptakan kekebalan kelompok. 

"Saya secara pribadi ataupun instansi mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan momen ini, untuk sama-sama saling menjaga dengan melakukan vaksinasi sesuai dengan faskes yang telah ditentukan. Karena dengan divaksinasi, kita dapat menjaga orang-orang yang ada di sekitar kita. Dan jangan lupa untuk selalu terapkan 4M yaitu Mencuci Tangan, Memakai masker, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan," papar Liza saat ditemuia di kantor Dinas Kesehatan, Jumat (15/1/2021). 

Baca juga: RSUD Pasar Rebo Sediakan 40 Dosis Vaksin Covid-19 per Hari bagi Tenaga Medis

Liza mengimbau, agar masyarakat tidak takut untuk melakukan vaksin, karena manfaatnya lebih besar, meski ada efek samping untuk sebagian orang. 

"Efek samping ada tetapi relatif ringan misal nyeri, bengkak dan kemerahan pada bagian yang disuntik," katanya. 

Liza menuturkan Vaksin Sinovac ialah vaksin yang menggunakan platform virus inaktif, dimana virusnya sudah mati tetapi masih ada imunogenisitasnya sehingga dapat membentuk antibodi. 

"Dengan terbentuknya antibodi, kita dapat menurunkan risiko gejala berat hingga kematian akibat Covid-19.  Berdasarkan kajian yang dilakukan, herd immunity atau kekebalan kelompok dapat terbentuk jika 70 - 80% masyarakat divaksinasi," jelasnya. 

Liza menuturkan, rencananya Kota Tangerang akan menerima vaksin pada awal Februari 2021. Di mana berbagai persiapan pun terus diupayakan, seperti logistik, petugas pelayanan termasuk juga penyediaan tempat penyimpanan. 

Baca juga: Pemerintah Targetkan 70 Persen Populasi Indonesia Menerima Vaksin Covid-19

Halaman
Reporter: Guruh Nara Persada
Editor: Guruh Nara Persada
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar