Download E-Paper

Siaga Cuaca Ekstrem

Senin, 28 September 2020 - 06:00
Ilustrasi hujan disertai angin kencang dan petir. (ist)

BADAN Metrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, dalam tiga hari ke depan cuaca tidak menentu. Hujan deras disertai petir angin kencang diprediksi akan mengguyur 18 wilayah Indonesia dalam pekan ini. Sedangkan di Jakarta dan sekitarnya, cuaca ekstrem juga diperkirakan terjadi awal Oktober 2020 ini.

Menghadapi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana, semua pihak harus meningkatkan kewaspadaan. Kesiagaan semua pihak di semua lini dengan saling bersinergi, akan memperkecil risiko baik banjir, angin puting beliung maupun musibah lainnya.

Musim hujan sudah mulai tiba. Artinya, ini alarm bagi warga Jakarta siap-siap menghadapi kemungkinan terburuk, bencana banjir. Hujan sudah mulai mengguyur Jakart pada Senin (14/9/2020) malam. Meski guyuran hujan belum merata, namum dampaknya sudah terasa. Genangan air cukup tinggi dibeberapa titik jalan.

Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat Jakarta dan daerah lainnya juga harus siaga menghadapi banjir. Hujan deras sudah mulai melanda negeri ini. Di sejumlah daerah hujan deras telah menimbulkan bencana banjir. Di Sukabumi, Jabar, Senin (21/9/2020) banjir bandang menerjang permukiman warga. Sedangkan di Jakarta, hujan deras selama sekitar 5 jam ditambah kiriman air dari Bogor, merendam sejumlah wilayah.

Banjir menjadi masalah krusial di Jakarta dan sudah menjadi langganan masyarakat Ibukota. Program prioritas yang menjadi agenda Pemprov DKI setiap tahun siapa pun gubernurnya, adalah bagaimana mengatasi banjir. Begitu pula masyarakat Ibukota, setiap tahun siap siaga menghadapi air bah yang sewaktu-waktu bisa merendam permukiman.

Di tengah pandemi saat ini, problema yang dihadapi masyarakat adalah kekhawatiran penularan virus corona, serta datangnya musim penghujan. Karena ketika cuaca ekstrem, kondisi kesehatan warga juga kerap menurun. Belum lagi bila terjadi banjir, maka kondisi kesehatan warga juga kian menurun dan ancaman penyakit semakin nyata.

Menghadapi musim penghujan ini, publik berharap Pemprov DKI bukan hanya fokus menangani Covid-19. Tetapi juga cuaca ekstrem ancaman bencana banjir yang juga berdampak pada kesehatan warga. Karenanya, semua elemen masyarakat serta pemerintah harus siaga menghadapi cuaca ekstrem dan segala dampaknya. Jangan abai, dan jangan sampai cuaca buruk menambah persoalan baru di tengah pandemi Covid-19. **

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->