Download E-Paper

Tekan Kriminalitas, Polres Depok Ajak Pam Swakarsa Aktifkan Siskamling

Minggu, 27 September 2020 - 13:54
Kapolrestro Depok, Kombes Azis Andriansyah menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Siskamling. (angga)

DEPOK - Dalam menjaga keamanan lingkungan, Kapolres Metro Depok Kombes Azis Andriansyah menggalakkan Pam Swakarsa dengan melakukan kegiatan perlombaan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Kapolres menuturkan, semakin banyak kesibukan masyarakat sekarang ini, Siskamling sudah mulai dilupakan. Untuk itu dalam pemberdayaan Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa) salah satunya kembali menggerakkan Siskamling di masing-masing wilayah.

"Melalui perlombaan Siskamling yang dilombakan di tujuh Polsek ini dapat memonitor segala kejadian di 13 Kecamatan dua di antaranya masuk wilayah Kabupaten Bogor, dapat menekan angka kejadian kriminalitas seperti kejahatan konvensional,"ujar Kapolrestro Depok, Kombes Azis Andriansyah didampingi Kasat Binmas Polrestro Depok Lindang Lumban Tungkup Nainggolan kepada Poskota.co.id. usai acara Penyerahan Hadiah Lomba Siskamling Tingkat Polres Metro Depok 2020 di taman tengah Mapolrestro Depok, Minggu (27/9/2020).

Baca juga: Polres Depok Bentuk Tim Patroli Sepeda Pantau Keamanan Permukiman

Mantan Kapolres Wonosobo ini menyebutkan perhitungan penilaian lomba dari tim panitia yakni dari satuan unit Binmas Polrestro Depok yaitu indikator, visi misi Poskamling kelengkapan, pemahaman dari perangkat desa atau lurah, ada anggota Bhabibkamtibmas ketua dan awak Poskamling serta ketahanan pangan masing-masing.

"Untuk perolehan nilai tertinggi dan menjadi juara 1 dalam lomba Poskamling dipegang RW 03 Desa Susukan Bojonggede, juara 2 Poskamling Cinangka Sawangan, juara 3 RW01 Kemirimuka Beji. Sedangkan juara harapan 1 RW07 Pangkalan Jati Cinere, harapan 2 RW 028 Abadijaya Sukmajaya, harapan tiga RW07 Jatijajar Tapos, harapan 4 RW06 masing-masing mendapatkan dua sepeda untuk patroli, piagam dan uang," paparnya.

Baca juga: Pengedar Sabu di Depok Diringkus, Sempat Buang Sabu ke Selokan

Perwira jebolan Akpol 1998 ini menambahkan sepeda yang didapatkan masing-masing Poskamling dibagi dua unit untuk dapat digunakan untuk patroli kampung.

"Kami berharap dengan ada Poskamling ini keamanan dapat lebih terjaga dan dapat menekan angka kriminalitas seperti pencurian atau kasus tawuran," pungkasnya.

Terpisah, Kasat Binmas Polrestro Depok Kompol Lindang Lumban Tungkup Nainggolan berharap semua peserta lomba Poskamling ini agar tetap melakukan patroli kampung atau lingkungan.

"Dengan penggalakan poskamling ini sebagai salah satu Pam Swakarsa dalam menekan angka kejahatan serta sebagai satgas penegak disiplin protokol kesehatan Covid-19 dapat menekan penyebaran virus di sekitar lingkungan termasuk klaster keluarga," imbuhnya.

Baca juga: Polrestro Depok Luncurkan 13 Program Unggulan Cegah Penyebaran Corona

Mantan Kapolsek Pulogadung ini menambahkan pelaksanaan penilaian poskamling dilakukan selama tiga bulan secara ketat. (angga/ys)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->