Download E-Paper

Piala AFF Digelar Tahun Depan, Ini Format yang akan Digunakan

Minggu, 27 September 2020 - 17:01
Piala AFF 2020 akan digelar 11 April-8 Mei 2021. (ist/aff cup)

JAKARTA - AFF telah memutuskan jadwal terbaru Piala AFF 2020 yang sebelumnya harus ditunda. Gelaran dua tahunan ini bakal digelar pada 11 April hingga 8 Mei 2021.

Tak hanya itu, AFF juga berencana untuk menyelenggarakan turnamen ini dengan format penuh sebagaimana edisi-edisi sebelumnya. AFF ingin format pertandingan kandang-tandang untuk tetap diberlakukan.

“Kami senang dengan dukungan positif yang didapatkan dari para Asosiasi Anggota untuk menentukan waktu yang tepat untuk menggelar turnamen yang ditunggu-tunggu ini (Piala AFF),” kata Presiden AFF Khiev Sameth dalam rilis resmi.

Sejak edisi 2018, AFF menghapus sistem tuan rumah untuk fase grup. Sebagai gantinya, setiap peserta kecuali Timor Leste memainkan dua laga kandang dan tandang pada fase grup.

Sementara babak penyisihan yakni semifinal dan final digelar dua leg. Nah sistem itu rencananya akan dipertahankan di gelaran Piala AFF tahun depan meski masih besar kemungkinan turnamen akan berlangsung dalam masa pandemi.

Semula, AFF sempat mengubah format tersebut dengan menunjuk Vietnam sebagai tuan rumah Piala AFF yang pada awalnya digelar pada 23 November-31 Desember 2020. Namun Vietnam mengundurkan diri karena gelombang kedua Covid-19 dan AFF menunda Piala AFF 2020 ke tahun 2021.

“Meski kami sadar perjuangan melawan pandemi belum berakhir, kami sangat optimistis Piala AFF 2020 tetap akan berlangsung dengan format penuh karena kami berharap memberikan yang terbaik untuk penyelenggaraan sepak bola terbaik di kawasan ASEAN tahun depan,” ujar Khiev Sameth menjelaskan.

Dengan keputusan ini, AFF berharap semua pihak punya waktu yang cukup untuk mempersiapkan segalanya. Apalagi tujuh bulan persiapan sebanyak tujuh bulan terbilang cukup panjang. (bu/ys)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->