Download E-Paper

Dianggap Tak Lagi Dimanfaatkan, DPR Minta Kemenhub Tinjau Jembatan Timbang

Jumat, 11 September 2020 - 05:45
Anggota Komisi V DPR, Muhammad Aras. (ist)
JAKARTA - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbang Kemenhub) diminta untuk segera meninjau jembatan timbang yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Mengingat, di beberapa wilayah jembatan timbang tidak lagi dimanfaatkan secara maksimal.
 
Demikian dikatakan Anggota Komisi V DPR, Muhammad Aras, Kamis (10/9/2020).
 
Aras mengatakan, jembatan timbang sangat besar manfaatnya untuk mencegah darurat truk kelebihan muatan dan kelebihan dimensi atau ‘Over Dimension Over Load’ (ODOL).
 
“Untuk Balitbang (Kemenhub), di beberapa daerah ini marak seolah-olah jembatan timbang tidak dimanfaatkan. Sehingga, tentu kita ingin melihat sejauh mana pemanfaatan jembatan timbang yang ada apakah masih dibutuhkan atau memang masih perlu untuk ditingkatkan,” ujar Aras.
 
 
Legislator dapil Sulawesi Selatan II ini  mendorong BPSDM Kemenhub membuka akses transparansi pelatihan seluas-luasnya. Dengan terbukanya akses transparansi pelatihan, tuturnya, maka Komisi V DPR RI dapat melakukan fungsi pengawasan serta dapat memberikan penilaian terhadap pelatihan yang diselenggarakan.
 
"Untuk BPSDM, tentu banyak sekali pelatihan-pelatihan yang akan terus dilakukan terus terutama di Sulawesi Selatan. Saya tentu berharap, pelatihan tersebut bisa diakses untuk Komisi V melihat sejauh mana proses yang terjadi disana. Sehingga, tentu kami juga bisa memberikan penilaian terutama pengawasan dari kami agar pelatihan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya," ucap politisi F-PPP ini. (rizal/tha)
 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->