Download E-Paper

Tampilkan Hadi Pranoto yang Mengaku Temukan Obat Covid-19, Musisi Anji Bikin Heboh Medsos

Minggu, 02 Agustus 2020 - 18:37
Anji bersama Prof Hadi Pranoto yang mengaku menemukan obat Covid-19. (Ig; duniamanji/ist)

JAKARTA - Musisi Anji bikin heboh media sosial setelah melalui akun youtube-nya menampilkan seseorang mengaku pakar mikrobiologi sekaligus Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19 bernama Profesor Hadi Pranoto yang mengklaim telah menemukan obat atau ramuan herbal antibodi yang diklaim sudah mengobati ribuan pasien Corona.

Pada kesempatan itu, Hadi Pranoto diwawancarai Anji di Pulau Tegal Mas, Lampung. "Antibodi ini bisa menyembuhkan dan juga bisa mencegah. Berbeda dengan vaksin. Kalau vaksin itu kan disuntikkan dan kalau ini diminum," ujar Hadi Pranoto dalam video tersebut.

Antibodi tersebut terbuat dari bahan herbal. Ada beberapa jenis kandungan yang terdapat di dalamnya yang diklaim bisa menyembuhkan pasien yang terinfeksi Covid-19. Semua bahannya bakunya pun berasal dari Indonesia. "Ini berupa cairan. Dan di dalam cairan itu mengandung beberapa kandungan yang bisa membunuh COVID-19," lanjut Hadi Pranoto.

Hadi Pranoto mengatakan, sudah 20 tahun meneliti virus yang tergolong dalam keluarga virus Corona itu. Namun pada awal Covid-19 muncul di Wuhan, Cina, antibodi itu langsung diproduksi.

Untuk meyakini antibodi Covid-19 ini bukan barang sembarangan, Hadi Pranoto menyebut sudah banyak orang yang disembuhkan dari herbal tersebut. Ia pun menyebut antibodi itu sudah disebarluaskan ke beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

"Kemudian kalau ada pertanyaan seberapa kemampuan herbal ini bisa menyembuhkan orang yang terinfeksi COVID-19. Alhamdulillah sudah ribuan orang yang kita sembuhkan, yang sudah terinfeksi maupun masih gejala dan juga penyegahan yang sudah kita berikan herbal antibodi COVID-19 ini alhamdulillah semuanya sembuh dan sehat," tutur Hadi Pranoto.

"Itu paling banyak kita sudah salurkan ada di Sumatera, Jawa, Bali dan juga Kalimantan. Di Jakarta iya, kita sebagian di Wisma Atlet, kita kemarin mensuplai untuk pengobatan dan penyembuhan pasien yang ada di Wisma Atlet," sambung Hadi Pranoto.

"Dengan antibodi Covid-19 yang kita punya, kita hanya memperlukan waktu 2 sampai 3 hari sudah selesai. Setelah itu antibodi kita akan kuat kemudian kemampuan kita untuk melawan Covid-19 itu sudah bisa maksimal. Dan juga kemampuan kita untuk menghalau keganasan Covid-19 itu dipastikan 100 persen itu sudah bisa," pungkas Hadi Pranoto di YouTube Anji.

Selain itu, Hadi Pranoto mengklaim antibodi Covid-19 ciptaannya tak butuh waktu lama untuk menyembuhkkan. Ia juga mengklaim bahwa pasien yang terinfeksi bisa sembuh dalam kurun waktu 2-3 hari.

Terkait klaim itu, Jubir pemerintah soal penanganan corona Prof Wiku Adisasmito menegaskan, apabila belum ada bukti ilmiah soal obat herbal itu, maka masyarakat tak boleh mengonsumsinya.  "Apabila ramuan herbal tersebut masih dalam tahap penelitian dan belum ada bukti ilmiah tentang keamanan dan efektivitasnya, maka tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat," ujar Wiku.

Selain itu, Wiku mengimbau masyarakat agar jangan cepat percaya pada pemberitaan yang beredar. "Mengenai siapa Saudara Hadi Pranoto, silakan ditelusuri apakah yang bersangkutan adalah seorang profesor atau peneliti (dari institusi perguruan tinggi/riset mana) seperti yang sedang beredar saat ini," pungkasnya. (ruh)  

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



-->