Download E-Paper

Bawa Arsenal Juara Piala FA, Mikel Arteta Torehkan Sejarah

Minggu, 02 Agustus 2020 - 19:23
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta memegang trofi Piala FA. (its/IG: Arsenal)

INGGRIS - Arsenal berhasil mewujudkan harapan mereka untuk berlaga di panggung Eropa musim depan setelah sukses menjuarai Piala FA usai mengalahkan Chelsea 2-1 pada partai final di Stadion Wembley, Minggu (2/8/2020) dini hari WIB. Tidak hanya itu, sukses ini juga menorehkan sejarah baru bagi Mikel Arteta sebagai pelatih baru Arsenal musim ini.

Arteta menjadi pelatih pertama yang meraih trofi dalam debutnya sepanjang sejarah klub sejak 1987 silam. Terakhir, sukses itu dicatat George Graham saat membawa Arsenal menjadi juara Piala Liga Inggris, musim 1986/87 silam. Selain itu, Arteta juga menjadi pria yang mampu meraih gelar Piala FA, baik sebagai pemain dan pelatih Arsenal. Sewaktu masih menjadi pemain, Arteta pernah membawa Arsenal juara Piala FA dua kali pada 2014 dan 2015 lalu.

Meski demikian, Arteta ogah terlalu jemawa dengan sejarah yang diukirnya. Ia bahkan justru mengucapkan terima kasih kepada pelatih Manchester City, Pep Guardiola yang telah memperkenalkan dirinya terhadap dunia kepelatihan. Maklum, Arteta sempat menjadi asisten Guardiola saat masih bertugas di Manchester City sebelum dipercaya untuk menggantikan Unai Emery di bangku kepelatihan Arsenal pada Desember 2019 lalu.

"Dia (Guardiola) telah menjadi sosok kunci dalam perkembangan saya sebagai pelatih. Dia memberikan saya kesempatan luar biasa untuk. Ksrena itu. Saya tidak akan ada di sini hari ini tanpa dirinya. Karena itu, saya harus berterima kasih banyak kepadanya karena dia telah menjadi salah satu bagian yang sangat besar dalam perjalanan karier saya sebagai pelatih," kata pelatih asal Spanyol tersebut, dikutip London Evening Standard.

Sukses Arteta membawa Arsenal menjadi juara, sekaligus mempertegas dominasi klub asal London Utara tersebut di ajang Piala FA. Hingga sejauh ini Arsenal masih memimpin daftar perolehan trofi Piala FA sebanyak 14 kali. Mereka unggul dua trofi dari Manchester United (MU) di posisi kedua, disusul Chelsea (8), Tottenham Hotspur (8), Liverpool (7), Aston Villa (7), Newcastle United (6), City (6), dan Blackburn Rovers (6).

Dua gol kemenangan Arsenal atas Chelsea sendiri dicetak Pierre-Emerick Aubameyang (penalti, 28" dan 67"). Padahal, Arsenal sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Christian Pulisic (5"). Chelsea sendiri semakin tidak berdaya setelah dipaksa bermain dengan 10 orang, akibat kartu kuning kedua yang diterima Mateo Kovacic (73"). Sukses itu pun membawa Arsenal lolos langsung ke fase grup Liga Eropa musim depan. (junius/ruh)

 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



-->