Download E-Paper

Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:00
Mal salah satu barometer kondisi ekonomi nasional.

MENINGKATKAN kesehatan masyarakat tak bisa dipisahkan dari upaya memulihkan perekonomian nasional. Orang yang sehat dapat beraktivitas meningkatkan ekonomi keluarganya, begitu pun kondisi ekonomi yang lesu tidak akan mampu mengkover kesehatan masyarakat.

Lantas pilih yang mana , sehat dulu atau ekonominya maju dulu? Jawabnya duaduanya sangat penting. Karena itu, baik ekonomi maupun kesehatan harus dimajukan, ditingkatkan serta ditangani secara menyeluruh.

Dalam kondisi normal, ekonomi dibangun terlebih dahulu. Dengan kemajuan ekonomi tentunya akan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Yang menjadi soal di tengah pandemi Covid – 19 sekarang ini, tentu upaya penanganan yang dilakukan oleh negara menjadi prioritas. Bahkan, menjadi sangat prioritas agar virus Corona segera sirna dari negeri kita. Negara mana pun berlomba mengakhiri pandemi.

Dapat dipahami karena selama virus masih mewabah, segala aktivitas masyarakat menjadi terganggu, yang berujung kepada kian merosotnya produktivitas di segala sektor industri dan perdagangan.

Seiring berjalannya waktu, memasuki tahap transisi, kegiatan ekonomi mulai berjalan, bahkan sektor wisata pun mulai dibuka untuk umum. Tentu , dengan pengawasan ketat sebagaimana standar protokol kesehatan, mengingat jumlah korban terpapar Covid – 19 masih terus bertambah.

 Mengacu kepada data tersebut, hendaknya segala kebijakan yang dimaksudkan mendongkrak perekonomian, tetap harus mengacu kepada upaya pencegahan. Bukan sebaliknya mengabaikan penanganan pandemi.

Kita sepakat kegiatan ekonomi harus dinormalkan, guna mencegah keterpurukan. Tetapi mengembalikan kepada kehidupan normal bukan dipaksakan. Sebaiknya menunggu waktu tepat, situasi daerah setempat dan kasus Covid – 19 terkini. Bahwa pemulihan ekonomi dan penanganan virus Corona harus saling mendukung, tidak boleh berjalan sendiri – sendiri adalah panduan kebijakan yang mestinya dijalankan dan disinkronkan oleh para pejabat di semua tingkatan.

Mari bergandengan tangan mengakhiri pandemi dan memulihkan ekonomi dengan tetap mengacu kepada situasi terkini. ( *)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



-->