Download E-Paper

Empat Tim Berebut Jatah Eropa di Laga Pamungkas Seria A Italia

Jumat, 31 Juli 2020 - 16:51
Seria A Italia. (ist)

ITALIA - Perang segitiga bakal mewarnai partai pamungkas Serie A Italia yang digelar, Minggu (2/8/20), 01:45 WIB. Meski menempati posisi empat tim teratas, Inter Milan, Atalanta, dan Lazio akan asama-sama ngotot menang demi menghindari posisi keempat atau batas akhir zona Liga Champions.

Inter yang saat ini berada di urutan kedua dengan 79 poin, masih mungkin bisa lengser ke posisi keempat, hunian Lazio yang hanya terpaut satu angka. Begitu juga dengan Atalanta yang berada di urutan ketiga dengan koleksi 78 poin. Ketiga tim dipastikan bakal ngotot menang demi menghindari posisi kelima karena terbentur dengan aturan UEFA yang hanya memperbolehkan lima wakil dari satu negara untuk berlaga di Liga Champions, musim depan.

Dengan kata lain, salah satu tim masih sangat mungkin terlempar ke Liga Eropa UEFA musim depan, meski finis di urutan keempat atau batas akhir zona Liga Champions. Skenario itu bisa terjadi jika Napoli dan AS Roma berhasil menjuarai kompetisi Eropa musim ini. Diketahui, selain Juventus dan Atalanta, Napoli menjadi salah satu tim yang bertahan di Liga Champions hingga leg pertama babak 16 besar.

Sedangkan Roma menjadi salah satu tim yang bertahan di Liga Eropa, bersama Inter Milan. Berdasarkan aturan terbaru UEFA, setiap tim yang mampu menjuarai kompetisi Eropa, berhak lolos langsung ke fase grup Liga Champions di musim berikutnya. Jika Napoli dan Roma menjuarai kompetisi Eropa, maka hanya akan ada tiga tiket tersisa yang akan menjadi wakil Italia di Liga Champions musim depan. Satu dari tiga tiket itu sudah dimiliki Juventus sebagai jawara Serie A.

Sementara dua tiket sisanya, diberikan kepada runner-up dan juga peringkat ketiga klasemen akhir Serie A. Sedangkan peringkat keempat terpaksa terlempat ke Liga Eropa musim depan. Alasan itulah yang membuat Inter yang akan menghadapi Atalanta di Bergamo, dini hari nanti, ngotot untuk menang. "Tentu ini akan menjadi laga penting bagi kami. Kami belum sepenuhnya aman dari urutan kedua," tegas pelatih Inter, Antonio Conte, dikutip RAI Sport.

Begitu juga dengan Lazio yang akan menyambangi Napoli di San Paolo, dini hari nanti. Laga ini bahkan dijadikan ajang untuk memenuhi misi balas dendam Lazio yang disingkirkan Napoli di ajang Coppa Italia pada Januari lalu. "Kami masih ingat bagaimana sedihnya semua orang saat kami disingkirkan dari Coppa Italia. Sekarang kami punya kesempatan untuk memberikan penghiburan kepada semua orang Roma," tegas pelatih Lazio, Simone Inzaghi.

Selain perang tiga tiga di atas, partai pamungkas Serie A musim ini juga akan menghadirkan partai sengit lainnya saat Juventus menjamu Roma, AC Milan kedatangan Cagliari, dan Brescia menyambut Sampdoria. (junius/ruh)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->