Download E-Paper

Skenario Jatah Liga Champions dan Europa untuk Klub Serie A Italia

Rabu, 29 Juli 2020 - 14:55
Juventus berpesta usai memastikan gelar juara Serie A Italia. (juventus.com)

ITALIA - Napoli mulai mengalihkan fokus ke Liga Champions pasca kalah dari tuan rumah Inter Milan di Serie A Italia, Rabu (29/7/2020) dini hari WIB. Pada laga itu, pasukan Gennaro Gattuso kalah dengan skor 0-2 dan tertahan di tangga ketujuh klasemen sementara.

Dengan satu laga tersisa, Napoli mengoleksi 59 poin tertinggal satu angka dari Milan yang menempati posisi keenam. Namun berdasarkan koefisien UEFA, Napoli masih bisa mengancam keberadaan Milan dan bahkan bersama AS Roma, bisa mengancam keberadaan Lazio di zona Liga Champions.

Diketahui, liga-liga elit di Eropa, termasuk Serie A mendapatkan jatah maksimal tujuh tim untuk manggung di Eropa, musim depan. Empat tim teratas klasemen akhir akan berlaga di Liga Champions. Sementara peringkat kelima hingga ke tujuh, akan berlaga di Liga Eropa. Dari ketiga tim yang berlaga di Liga Eropa musim depan, dua di antaranya akan langsung lolos ke fase grup. Satu tiket lolos ke fase grup, sudah dikantongi Napoli yang menjuarai Coppa Italia musim ini. 

Sementara satu tiket lolos ke fase grup lainnya, diberikan kepada tim yang finis di urutan kelima yang saat ini dihuni Roma sebelum melawat Torino, Kamis (30/7/2020), pukul 02:45 WIB.

Roma yang mengoleksi 64 poin kemungkinan besar bisa mendampingi Napoli lolos ke fase grup Liga Eropa musim depan. Syaratnya, Roma yang unggul empat angka dari Milan bisa mengalahkan Torino dini hari nanti. 

Jika itu terjadi, Milan yang akan melawan Sampdoria, Kamis (30/7/2020) pukul 00:30 WIB, harus melewati fase kualifikasi untuk berlaga di Liga Eropa musim depan. Namun skenario itu akan sedikit berbeda jika Napoli dan Roma menjuarai kompetisi Eropa musim ini. Diketahui, Napoli masih berlaga di Liga Champions, bersama Juventus dan Atalanta. 

Sedangkan Roma masih bertahan di Liga Eropa UEFA, bersama Inter. Diketahui, UEFA membatasi maksimal lima wakil di setiap negara untuk berlaga di Liga Champions dalam satu musim. Jika Napoli dan Roma juara di kompetisi Eropa, maka tim yang berada di tangga ke empat, hunian Lazio saat ini, akan otomatis tersingkir ke fase grup Liga Eropa, musim depan. 

Dengan catatan, jatah ke Liga Eropa melalui jalur kualifikasi, hilang. Itu artinya tim yang berada di tangga keenam atau ketujuh klasemen akhir, tidak akan mendapat tiket ke kompetisi Eropa musim depan jika Napoli dan Roma menjuarai kompetisi Eropa musim ini. (junius/ys)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->