Download E-Paper

Sugih, Abang Ojol: Rezeki Sudah Ada yang Atur

Senin, 27 Juli 2020 - 08:05
Driver Ojol, Sugih. (yahya)

REZEKI sudah ada yang mengatur. Prinsip ini yang tertanam dalam benak Sugih, setiap kali dirinya berada di atas jok sepeda motornya sambil menanti orderan.

Berdoa tak lupa dipanjatkan, sebelum pemuda berusia 24 tahun itu meninggalkan rumah agar selama beraktivitas memburu rupiah dilancarkan Tuhan. Sudah lebih dari 3 tahun, Sugih mencari rupiah dengan menjadi tukang ojek online (ojol).

"Terkadang rezeki datang tak disangka sangka dan tidak melulu harus berbentuk uang ," ujarnya saat ditemui Poskota.co.id di tempatnya nongkrong di pinggir jalan perbatasan Bekasi-Bogor. Lokasi  itu dijadikan Sugih bersama sekelompok ojol lainnya sebagai tempat 'ngaso' sambil menunggu orderan.

Lebih lanjut lelaki tamatan STM ini menerangkan maksud perkataannya. "Iya, kadang rezeki suka datang mendadak atau kebetulan. Misalnya saja saat kita dapat customer yang baik dengan memberikan uang lebih dari tarif jasa," paparnya.

Sementara rezeki lain di luar rupiah diartikan dirinya yang kerap diajak makan atau diberikan makanan oleh customer.

"Terkadang kalau ada yang CS (customer) yang pesan makanan, kita juga pernah dibagi atau bahkan sekalian dibeliin. Itu juga namanya rezeki," kata sulung dari dua bersaudara ini.

Cerita itu merupakan bagian dari pengalaman suka selama dirinya mengaspal sebagai ojol.  "Pengalaman duka pasti lah mas kita alami. Namun saya bersyukur belum pernah mengalami hal yang buruk dan mudah mudahan tidak pernah mengalami, seperti bertemu penjahat atau kecelakaan," paparnya lagi. "Paling sering dapet orderan fiktif, terutama kalau ada CS yang pesan makanan," katanya lagi.

Keluhan juga tak luput diungkapkan Sugih pada masa pandemi saat ini. Kendati kaum ojol sekarang sudah diperbolehkan kembali mengangkut penumpang, tetapi Sugih merasa belum ada perubahan yang menonjol.

"Masih anyeb, orderan paling banyak dua. Tetapi seringnya malah satu. Kondisi gak jauh beda waktu pertama kali musim corona," tuturnya lagi. 

Padahal , lanjut Sugih, ojol adalah satu satunya pekerjaan andalan dirinya. "Pengen cari kerjaan, melihat situasi saat ini tidak mungkin. Jalani aja mas, rezeki sudah ada yang mengatur," ucapnya sekali lagi. (yahya/ys)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



-->