Download E-Paper

Juventus Scudetto, Maurizio Sarri Pecah Rekor

Senin, 27 Juli 2020 - 08:55
Pelatih Maurizio Sarri merayakan gelar scudetto bersama Juventus. (juventus.com)

ITALIA - Meski masih menyisakan dua laga sisa, Juventus sukses mengunci scudetto atau gelar Serie A musim ini.  Sukses itu dipastikan anak-anak asuh Maurizio Sarri setelah menekuk Sampdoria 2-0 di Stadion Allianz, Senin (27/7/2020) dini hari WIB.

Sukses itu sendiri menjadikan Sarri menjadi pelatih tertua yang meraih scudetto dalam sejarah Serie A. Sebelumnya, rekor pelatih tertua yang meraih scudetto dipegang Nils Liedholm. Pria asal Swedia itu berhasil meraih scudetto bersama AS Roma pada 1983 pada usia 60 tahun lewat 7 bulan. Rekor itu kemudian dipecahkan Vujadin Boskov yang meraih scudetto pada usia 60 tahun bersama Sampdoria pada 1991 silam.

Kali ini rekor itu berhasil dipatahkan oleh Sarri pada usia 61 tahun lewat 6 bulan. Gelar ini juga menjadi gelar kedua bergengsi bagi pelatih berusia 61,5 tahun tersebut. Bagi Sarri sukses ini tidak terlepas dari andil Cristiano Ronaldo. Bomber asal Portugal itu sukses mencetak gol pembuka kemenangan Juventus pada menit ke-45. 

Federico Bernardeschi kemudian menggandakan keunggulan Juventus pada ke-67, sebelum Sampdoria bermain dengan 10 orang, akibat kartu kuning kedua yang diterima Morten Thorsby (77'). Situasi itu pun kian memudahkan Ronaldo cs untuk mempertahankan keunggulan 2-0 hingga laga bubaran. Juventus pun dipastikan menjadi scudetto untuk kesembilan kalinya secara beruntun.

Maklum, posisi mereka di pucuk klasemen tidak mungkin bisa dikejar lagi di dua laga tersisa. Saat ini tim berjuluk Si Nyonya Tua itu mengoleksi 83 poin dan unggul tujuh angka dari Inter Milan di posisi kedua. Gelar ini juga menjadikan Serie A masih didominasi oleh pelatih lokal. Tercatat, sebanyak 10 gelar Serie A terakhir, semua diraih oleh pelatih lokal mulai dari Massimiliano Allegri, Antonio Conte, hingga Sarri.

Pelatih asing terakhir yang mengangkat trofi di Italia adalah Jose Mourinho bersama Inter pada musim 2009-2010 lalu. Bagi Sarri, ini menjadi gelar bergengsi kedua yang diraih di dataran Eropa. Sebelumnya, ia sukses mempersembahkan trofi Liga Eropa UEFA bersama Chelsea, musim 2018-2019 lalu. 

Dari hasil sebelumnya, Brescia susul SPAL ke jurang degradasi setelah tidak mungkin keluar dari zona merah usai kalah 1-2 dari Parma. Kemudian Bologna kalahkan Lecce 3-2, Cagliari menyerah 0-1 dari Udinese, AS Roma kalahkan Fiorentina 2-1, SPAL ditahan Torino 1-1, dan Hellas Verona kalah 1-5 dari Lazio. (junius/ys)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->