Download E-Paper

'The Road Force Blue’, Polwan Pertama di Dunia Mengawal Tamu Negara

Minggu, 19 Juli 2020 - 14:10
Kasat Patroli dan Pengawalan Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono bersama BM Polwan. (ist)

'THE Road Force Blue’. Begitu nama kumpulan anggota Brigade Mobile (BM) Polwan Ditlantas Polda Metro Jaya. Komunitas ini terbentuk pada 2005 dengan anggota 30 polwan. Mereka bertugas menjadi pengawal pejabat wanita dan sering unjuk gigi dalam berbagai parade polisi, seperti HUT Bhayangkara.

Awalnya, vor rijder yang dimanfaatkan untuk patroli lalu lintas dan pengawalan tamu dan pejabat negara ini memang hanya dikendarai lelaki. Namun, polwan di jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya itu tak tahan ingin mencoba laju motor gede alias si moge itu. Alhasil, mulailah polwan berlatih mengendarai vor rijder.

“Dari situ mulai latihan Jumat dan Sabtu,” ungkap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Atribut yang digunakan sama seperti atribut polantas pria umumnya, yakni bot hitam panjang, helm putih, kacamata hitam, sarung tangan putih, dan tentunya rompi hijau menyala. Selesai atribut lengkap terpasang di tubuh, para polwan cantik ini mulai melakukan berbagai atraksi ringan.

'The Road Force Blue’, Polwan Pertama di Dunia Mengawal Tamu Negara

Dari latihan rutin itu mereka belajar beberapa teknik, seperti slalom atau jalan sambil zigzag atau berdiri sambil hormat. “Ternyata hasilnya menggembirakan polwan cantik tersebut mampu berkreasi di atas moge tidak kalah dengan polisi lelaki.” katanya. Kemahiran anggota ‘The Road Force Blue’ dipamerkan di berbagai event Polri seperti HUT Bhayangkara, Hari Kartini dan lainnya.

BM POLWAN

Bagaimana BM Polwan terbentuk? Pertama kali BM Polwan hadir di Ibukota Oktober 1981. Kala itu jumlah anggotanya haya sebelas BM Polantas Kodak Jaya. Tahun itu, Satpolantas Kodak Metro mendapatkan 44 Polwan dari Sekolah Calon Bintara Polwan, Ciputat, Jakarta Selatan. Peluncuran BM Polwan itu mengalihkan perhatian para pengendara yang melintas dan membuat macet jalan protokol.

Deru kencang motor besar jenis Harley Davidson type police atau kerap disebut vor rijder sering kali membelah jalan-jalan protokol Ibukota untuk memberikan jalan bagi para tamu VVIP ataupun pejabat negara. Jengkel rasanya manakala sedang diburu waktu, harus diberhentikan polisi untuk mengalah kepada para pejabat itu. Namun, bisa lain cerita apabila polisi lalu lintas yang menyetop Anda adalah polwan cantik yang tergabung dalam The Road Force Blue.

Kini sekumpulan polwan bernyali namun cantik ini, bukan hanya dipercaya mengawal pejabat wanita sekelas menteri, tapi juga istri presiden, bahkan istri tamu kepala negara. “Mereka kini dipercaya mengawal Ibu Presiden Iriana Joko Widodo,” ungkap Sambodo bangga. Bahkan, tahun 2009 ‘The Road Blue Force’ menyabet rekor Muri dan rekor dunia sebagai pasukan wanita pengawal kene garaan pertama di dunia. (ilham/iw)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



-->