Download E-Paper

Cegah Penyakit, Puluhan Petugas Sudin KPKP Jakbar Pantau Peredaran Hewan Kurban

Minggu, 12 Juli 2020 - 11:39
Kadis KPKP DKI, Darjamuni, saat melakukan monitoring hewan kurban. (wandi)

JAKARTA - Sebanyak 99 petugas gabungan dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat dan Dinas KPKP DKI Jakarta dikerahkan untuk memeriksa hewan kurban yang diedarkan di delapan kecamatan di Jakbar.

"Untuk Sudin KPKP Jakbar petugas sebanyak 37 orang ASN, ditambah tenaga PJLP 20 orang. Total dari Sudin KPKP Jakbar 57 orang. Kemudian dari Dinas KPKP ada 42 orang," ujar Kasudin KPKP, Iwan Indriyanto saat dihubungi, Minggu (12/7/2020).

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan hewan-hewan kurban yang dijual menjelang Hari Raya Iduladha dalam kondisi sehat.

Iwan melanjutkan, pemeriksaan terhadap hewan kurban biasanya dilakukan sejak H-7 Hari Raya Iduladha hingga H+3. Namun, saat ini pihaknya sudah meninjau ke beberapa lokasi untuk memeriksa hewan-hewan kurban tersebut.

Adapun pemeriksaan itu dilakukan di delapan kecamatan di Jakbar. Namun Ia tidak menyebutkan jumlah titik lokasi penampungan untuk penjualan hewan kurban.

"Biasanya bergeraknya satu minggu sebelum hari H (Hari Raya Iduladha). Namun sudah beberapa lokasi dari delapan kecamatan itu dilakukan peninjaun. Beberapa hari yang lalu peninjauan itu dilakukan," kata Iwan.

Menurutnya, hewan-hewan kurban belum banyak terlihat di lokasi penampungan untuk penjualan hewan kurban.

Meski begitu, lokasi penampungan untuk penjualan hewan kurban di Jakbar sudah mulai bermunculan. Namun kata Iwan, biasanya mendekati Hari Iduladha, tempat penampungan untuk penjualan hewan kurban baru banyak ditemui.

"Hewan kurbannya ada yang sebagian belum datang. Mungkin minggu depan sudah mulai banyak yang datang. Kalau tempat penampungan dan penjualan sudah mulai bermunculan," ucap Iwan. (firda/ys)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->