Download E-Paper

Kamtibmas Kondusif Masyarakat Produktif

Rabu, 01 Juli 2020 - 06:00
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

KEPOLISIAN Republik Indonesia (Polri) genap memasuki usia 74 tahun hari ini, Rabu 1 Juli 2020. Usia 74 tahun bukanlah waktu sebentar bagi Korps Bhayangkara untuk membangun diri, dan elaksanakan tugas menjaga kamtibmas, menegakkan hukum, mengayomi dan melayani masyarakat.

Jumlah personel Polri dari tahun ke tahun terus bertambah, seiring dengan pertumbuhan penduduk. Saat ini anggota Polri mencapai 470 ribu lebih. Sedangkan jumlah penduduk Indonesia yang di layani mencapai 269 juta jiwa. Perbandingan yang jauh dari ideal.

Tugas dan fungsi pokok kepolisian adalah sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat. Dalam memelihara kamtibmas, memberi rasa aman pada masyarakat serta menegakkan hukum, sederet prestasi sudah dicapai oleh jajaran kepolisian. Mulai dari mengungkap kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, narkoba, terorisme dan kejahatan lainnya.

Prestasi tersebut harus diapresiasi. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, baik jenis kejahatan kovensional, kejahatan lewat dunia maya (cyber crime) atau kejahatan menggunakan teknologi informasi serta kejahatan menyangkut dunia politik, tantangan Polri ke depan semakin berat.

Di era globalisasi dan demokratisasi ini, harapan masyarakat terhadap kinerja Korps Bhayangkara semakin besar. Seiring dengan kian pesatnya perkembangan zaman dan semakin derasnya arus informasi, masyarakat pun semakin kritis. Itu artinya, kemampuan sumber daya manusia (SDM) Polri harus terus ditingkatkan.

Indonesia saat sedang berada dalam kondisi prihatin akibat pandemi Covid-19 di mana semua elemen masyarakat ikut merasakannya. Sektor ekonomi ikut terpukul selain juga krisis kesehatan. Kondisi ini bisa berimbas pada gangguan kamtibmas bila seluruh elemen masyarakat tidak berperan dalam menjaga kondusifitas keamanan.

HUT ke 74 Polri tahun ini mengangkat tema ‘Kamtibmas Kondusif Masyarakat semakin Produktif’. Tema ini menunjukkan betapa dalam kondisi keprihatinan saat ini, jajaran kepolisian tetap hadir di tengah-tengah masyarakat.

Harus diakui, kondisi kamtibmas yang kondusif akan mendorong masyarakat menjadi lebih produktif. Polisi harus bergandengan dengan semua elemen masyarakat untuk mengatasi persoalan di negeri ini, bukan hanya kamtibmas semata, tapi juga persoalan sosial lainnya. Selamat Ulang Tahun Polri. **

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



-->