Download E-Paper

Pedagang Pasar Kerbau Jalani Swab test

Kamis, 04 Juni 2020 - 14:15
Pedagang dilakukan pemeriksaan swab test. (wandi)

JAKARTA –  Pedagang Pasar Rawa Kerbau, Kelurahan Cempaka Putih Timur menjalani pemeriksaan swab test oleh petugas medis Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, di Jalan Komplek Perkantoran Rawa Kerbau, Jakarta Pusatuntuk  memutus mata rantai COVID-19, Kamis (04/06/2020).

Kasubag TU Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, Wiwi mengatakan, pihaknya memeriksa pedagang pasar dengan menyiapkan 50 alat swab test. Data pedagang tersebut diperoleh dari pihak RT, RW yang dikirim ke kelurahan.

"Kita dapat data pedagang dari kelurahan Cempaka Putih Timur. Jadi ini yang diperiksa merupakan pedagang sudah terdata pihak kelurahan. Kita kerahkan 11 tenaga medis," ucap Wiwi. 

Menurutnya,  hasil swab test sendiri akan keluar sekitar 3 hari hingga 5 hari ke depan. Jika hasilnya positif maka pedagang akan dibawa ke tempat karantina atau pedagang bisa melakukan isolasi mandiri di rumah mereka masing-masing. 

"Bisa dibawa ke tempat karantina yang telah disiapkan atau isolasi mandiri," singkatnya

Sementara itu,  Asep mengatakan dirinya senang dengan adanya periksaan swab test pencegahan COVID-19. Pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas ini seperti tenggorokan dan saluran pernapasan.

"Lumayan di sini gratis apalagi swab test. Kita sebelumnya sudah diberikan himbauan adanya pemeriksaan. Kami para pedagang sangat senang banget," terang Asep. 

Sedangkan Camat Cempaka Putih Andri Ferdian mengatakan kegiatan ini sebagai langkah memutus mata rantai persebaran COVID-19.  Tujuannya guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pedagang maupun pembeli. 

"Kalau ada yang positif dibawa ke gedung Hiperker Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Jalan Ahmad Yani. Atau bisa juga mereka karantina di rumah masing - masing jika kondisi rumah mereka memadai dan itu diawasi," terang Andri. (wandi/tri) 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->