Download E-Paper

Perkenalkan Kuliner Nusantara di Mancanegara, Kemenparekraf Terbitkan Majalah Digital 'BUMBU' di Perancis

Selasa, 30 Juni 2020 - 20:39
Rendang salah satu masakan yang dipromosikan di dalam Majalah Bumbu

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyambut baik diterbitkannya majalah digital pertama dalam bahasa Prancis tentang budaya kuliner dan gastronomi Indonesia yang diberinama 'BUMBU'.
Majalah digital ini diterbitkan dan didistribusikan secara daring di Prancis mulai 1 Juli 2020 dan dapat diunduh secara gratis.
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya mengatakan kehadiran majalah 'BUMBU' dapat menjadi sarana promosi wisata Indonesia lewat diplomasi kuliner.
Seperti diketahui Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara penghasil rempah-rempah. Hal itu membuat masakan Indonesia dikenal luas dengan cita rasanya yang khas.
Beberapa masakan khas Indonesia juga masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia oleh CNN pada 2017. Yakni rendang di urutan 1, nasi goreng di urutan 2 dan satai di posisi 14.
"Kita punya banyak jenis makanan atau kuliner yang memiliki cita rasa luar biasa. Tentunya tak kalah jika dibandingkan dengan kuliner-kuliner dari negara lain. Hadirnya majalah ini menjadi salah satu sarana promosi wisata Indonesia yang diharapkan dapat menarik minat wisatawan asal Prancis nantinya untuk berkunjung ke Indonesia," kata Nia Niscaya, Selasa (30/6/2020).
Terlebih di situasi saat ini, dimana pergerakan wisatawan antar negara masih ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19. Lewat majalah ini diharapkan dapat menjadi soft diplomacy akan daya tarik wisata di Indonesia.
"Dengan demikian pariwisata Indonesia diharapkan menjadi 'top of mind' dalam pilihan calon wisatawan, khususnya Prancis,"tambah Nia Niscaya.
Majalah BUMBU lahir dengan tujuan mempromosikan tradisi dan budaya kuliner Indonesia, juga untuk menunjukkan evolusi masakan dunia di Indonesia.
"Cerita-cerita yang diangkat oleh BUMBU dapat menjadi kilasan wajah masyarakat dan kuliner Indonesia dikenal oleh masyarakat Prancis, sebagai negara gastronomi dunia,"pungkas Eka Moncare, selaku penanggung jawab majalah BUMBU di Prancis yang juga merupakan VITO Prancis. (mia/fs)

 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



-->