Download E-Paper

Final Coppa Italia Napoli vs Juventus: Kesempatan Ronaldo Lengkapi Koleksi Trofi

Rabu, 17 Juni 2020 - 07:00
Cristiano Ronaldo. (instagram/@cristiano)

ITALIA - Bisa mempersembahkan gelar Coppa Italia untuk Juventus akan melengkapi koleksi trofi yang dimiliki Cristiano Ronaldo di berbagai kompetisi yang ia ikuti sepanjang kariernya hingga sejauh ini.

Demi meraih trofi Coppa Italia pertamanya bersama Juventus, CR7 pun dituntut tampil lebih maksimal saat menghadapi Napoli pada partai final di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB.

Penyerang 34 tahun itu kini ditotal sudah mengoleksi 31 trofi sepanjang kariernya. Rinciannya, dia meraih satu trofi bersama Sporting Lisbon, 10 piala dengan Manchester United, 16 titel bersama Real Madrid, 2 gelar ketika berseragam Juventus, dan 2 trofi untuk Portugal.

Coppa Italia sendiri masih kurang bersahabat bagi Ronaldo sejak mendaratkan kakinya di Turin pada 2018 silam. Setelah gagal membawa Juventus menembus babak semifinal musim lalu, musim ini Ronaldo tampil 'gagap' pada leg kedua babak semifinal, melawan AC Milan, akhir pekan lalu.

Setelah bermain 1-1 melawan Milan pada leg pertama yang digelar di San Siro sebelum pandemi Covid-19 pada Maret lalu, Ronaldo tampil melempem pada leg kedua di Stadion Allianz.

Tidak adanya kompetisi selama empat bulan karena pandemi, turut mempengaruhi performa Ronaldo. Buktinya, ia gagal mengeksekusi hadiah penalti pada menit ke-16 di Stadion Allianz. Ronaldo yang tampil sebagai starter bahkan tidak bisa mencetak gol sepanjang laga, meski Milan sudah bermain dengan 10 orang sejak menit ke-17, akibat kartu merah Ante Rebic. Kegagalan Ronaldo mencetak gol dari hadiah penalti, bahkan sangat disayangkan pelatih Maurizio Sarri.  

"Dia hampir tidak pernah gagal penalti. Namun kali ini sangat disayangkan, meski dia sudah berjuang. Kami sempat membahasnya dengan dia dan dia cukup terbuka menerima setiap masukan. Dia pemain yang luar biasa sehingga saya tidak berpikir itu mengubah apa pun, apakah dia bermain 5 meter di depan atau di belakang. Dia bisa bermain di posisi mana saja," kata Sarri yang juga mengubah posisi Ronaldo dari sayap ke tengah, dikutip Gazzetta dello Sport.

Beruntung, Juventus lolos ke final setelah bermain imbang tanpa gol di Stadion Allianz. Juventus melenggang ke final berkat produktivitas gol tandang.

Baca jugaJuventus ke Final Coppa Italia Karena Unggul Agregat Gol Tandang

Hal itu tentu membuka kesempatan bagi Ronaldo untuk mempersembahkan trofi Coppa Italia pertamanya. Syaratnya, Ronaldo harus tampil lebih impresif dari laga sebelumnya saat melawan Napoli yang juga tidak ingin menyerah begitu saja, usai mendepak Inter Milan (agergat 2-1) di fase semifinal.

Kemenangan Napoli atas Juventus 2-1 pada pertemuan terakhir di Serie A Italia, kian menambah motivasi bagi Lorenzo Insigne dan kolega untuk memberikan penghiburan bagi sang pelatih, Gennaro Gattuso. Maklum, Gattuso baru saja dilanda duka setelah adik perempuannya, Francesca meninggal dunia akibat sebuah penyakit misterius. Di sisi lain, laga ini akan menjadi dilema bagi Sarri yang selalu mendapat tempat di hati para penggemar Napoli. (junius/ys)

Napoli vs Juventus
Kamis (18/6/2020) pukul 02:00 WIB
Stadion Olimpico

REKOR PERTEMUAN:
27/01/20, Napoli vs Juventus 2-1
01/09/19, Juventus vs Napoli 4-3
04/03/19, Napoli vs Juventus 1-2
29/09/18, Juventus vs Napoli 3-1

PRAKIRAAN PEMAIN:
Napoli
(4-3-3): Meret (g); Di Lorenzo, Maksimovic, Koulibaly, Hysaj; Zielinski, Allan, Ruiz; Politano, Mertens, Insigne.
Juventus (4-3-3): Buffon (g); Danilo, Bonucci, De Ligt, Sandro; Bentancur, Pjanic, Matuidi; Dybala, Ronaldo, Costa.

 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->