Download E-Paper

La Liga Segera Kembali Bergulir, Ini Peraturan yang Wajib Dipatuhi Semua Pemain

Jumat, 08 Mei 2020 - 15:55
Megabintang Barcelona, Lionel Messi. (instagram/@leomessi)

SPANYOL - Selain Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol juga berencana untuk melanjutkan sisa kompetisi musim 2019-2020 pada Juni mendatang. Namun sebelum dimulainya kompetisi para pemain wajib menjalani tes virus Corona atau Covid-19 sebanyak tiga kali yang dimulai pekan ini untuk memulai empat fase de-eskalasi dari pemerintah demi melanjutkan sisa kompetisi.

Setidaknya, ada 24 halaman dalam proposal yang diajukan operator kompetisi La Liga kepada pemerintah dalam rapat Dewan Direksi yang digelar Kamis (7/5/2020) kemarin. Dalam proposal tersebut, sejumlah peraturan baku bakal diterapkan dalam upaya untuk membuat lingkungan tempat latihan mereka seaman mungkin bagi pemain. Selain mewajibkan para pemain untuk menjalani tes sebanyak tiga kali, sebelum mereka bisa berlatih bersama dengan tim.

Semua peraturan tersebut terbagi dalam empat fase. Fase pertama adalah para pemain, staf pelatih, dan para karyawan klub wajib menjalani tes RT-PCR untuk virus dan juga tes Serologi sebelum mulai berlatih. Fase kedua mereka kembali dites sebelum memulai latihan yang secepatnya bisa dilakukan pekan ini. Fase ketiga mereka juga kembali harus menjalani tes sebelum bergabung dengan grup kecil, antara 4 sampai 8 pemain.

Sedangkan fase keempat, klub sudah bisa menggelar latihan secara keseluruan yang setidaknya harus dilakukan dua pekan sebelum kembali bermain. Sayangnya, rencana ini tidak sepenuhnya bisa diterima oleh para pemain. Gelandang Eibar, Pape Diop misalnya menyatakan keempat fase tersebut akan sulit dilakukan oleh semua orang, tanpa adanya kontak fisik di antara pemain dan pelatih.

"Saya tidak akan bermain lagi jika masih ada risiko minimal menularkan virus ke keluarga saya," kata Pape Diop yang bersama rekan setimnya di Eibar menyatakan keberatan dengan rencana dimulainya kembali kompetisi melalui empat fase de-eskalasi dari pemerintah.

"Kami takut memulai aktivitas, di mana kami tidak akan mungkin bisa memenuhi rekomendasi dari semua ahli yang menjauhkan kami dari kontak fisik," ungkapnya dikutip El Mundo Deportivo. (junius/ys)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->