Download E-Paper

Hadapi New Normal, Ini Panduan Pencegahan Virus Corona Bagi Pekerja

Sabtu, 30 Mei 2020 - 10:05
Panduan untuk pekerja mencegah penyebaran Covid-19 di massa new normal. (ist)

JAKARTA - Masyarakat Indonesia akan segera memasuki massa kenormalan baru atau new normal.

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat untuk membiasakan diri dengan kebiasaan baru saat memasuki massa kenormalam baru nantinya. Diimbau pula, para pekerja untuk mengikuti protokol kesehatan dan tata cara bekerja selama masa kenormalan baru.

"Pertama saat perjalanan dari atau ke tempat kerja harus memastikan dalam kondisi sehat, menggunakan masker, dan jika menggunakan transportasi umum harus memperhatikan jaga jarak, kurangi menyentuh fasilitas umum, gunakan helm sendiri, dan upayakan membayar non-tunai," ujar Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan, Busroni ketika dikonfirmasi, Sabtu (30/5/2020).

Selain itu, para pekerja juga diimbau untuk mencuci tangan begitu tiba di tempat kerja.Guna memastikan kebersihan diri masing-masing.

Kemudian, pastikan menggunakan siku saat menggunakan lift atau menekan tombol lift. Selama massa kenormalan baru, mereka tetap diimbau untuk tidak berkerumun dan menjaga jarak aman atau physical distancing saat bekerja.

"Lalu di tempat kerja harus membersihkan meja atau area kerja, kurangi menyentuh fasilitas atau perlatan bersama, usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ruangan, biasakan tidak berjabat tangan, dan masker tetap dipakai meski dalam ruangan kerja," jelas Busroni.

Tak hanya itu, protokol kesehatan juga harus tetap diperhatikan saat diperjalanan menuju rumah. Begitu pun ketika sampai di rumah.

Para pekerja setibanya di rumah, diimbau untuk tidak langsung bersentuhan atau melakukan kontak fisik dengan keluarga. Namun pastikan untuk membersihkan diri begitu tiba di rumah.

"Cuci pakaian dan masker dengan detergen. Sebelum buang masker sekali pakai, disobek dulu, lalu dibasahi dengan disinfektan. Lalu jangan lupa untuk bersihkan peralatan seperti ponsel, kacamata, dan tas jika diperlukan," pungkas Busroni. (firda/ys)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



-->