Download E-Paper

Masuk Monas, Panjang Sirkuit Formula E 2,588 KM dengan 12 Tikungan

Jumat, 14 Februari 2020 - 16:21

JAKARTA  -  Ajang balap mobil listrik, Formula E di Jakarta akan digelar pada Sabtu, 6 Juni 2020 dengan sirkuit yang akan melintasi kawasan Monumen Nasional (Monas) sebagai icon Kota Jakarta.

Direktur Utama PT. Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto, menjelaskan sirkuit Formula E di Jakarta akan masuk ke Kawasan Monas. Panjang sirkuit sendiri adalah 2,588 Kilometer dan memiliki 12 tikungan terdiri dari 8 belokan kanan serta 4 belokan ke kiri.

Sementara pengaspalan, pembuatan pagar, hingga pembuatan tribun penonton akan memakan waktu tiga bulan. Ajang balap mobil Formula E di Jakarta akan diikuti oleh 24 pebalap dari 12 tim yang berasal dari 13 negara.

"Dalam simulasi yang dilakukan oleh tim perancang Tilke, kecepatan mobil bisa mencapai 220 KM/jam dengan lokasi sebelum tikungan 7," kata Dwi dalam keterangan pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020).

Selain itu, Dwi menjelaskan bahwa dipastikan penyelenggaraan di Monas tidak akan merusak kawasan bersejarah tersebut sebagai cagar budaya. Dipastikan getaran mobil pun tidak akan mengganggu mempengaruhi Tugu Monas karena mesin mobil sangat halus lantaran memakai energi listrik.

Tujuan utama penyelenggaraan Formula E sendiri sekaligus untuk mempromosikan kendaraan listik yang lebih ramah lingkungan dan mempromosikan Jakarta sebagai kota yang ramah lingkungan.

"Ini tools (alat) yang untuk sampaikan pesan, kendaraan listrik ini kendaraan masa depan, yang harapkan gunakan energi terbarukan dan bukan lagi fosil," kata Dwi.

Sementara, Ketua Ikatan Motor Indonesia Pusat, Sadikin Aksa, menjelaskan Formula E berbeda dengan Formula 1 yang menggunakan sirkuit khusus, sedangkan Formula E memang dirancang menggunakan jalanan kota. Namun demikian, dari segi keselamatan pebalap dan penonton sudah diperhitungkan. 

Formula E juga tidak menggunakan sistem Lap melainkan bergantung pada waktu. Di semua event, pertandingan E-Prix akan berdurasi kurang lebih 45 menit plus satu lap.

"Jadi total 47 menit. Formula E juga tidak ada pergantian ban sampai menit akhir," kata Sadikin. (yendhi/yp)

 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



-->