Download E-Paper

Pemkot Bekasi Siagakan 26 Pompa Air Mobile di Titik Rawan Banjir

Jumat, 04 Desember 2020 - 08:15
Situasi banjir di kota Bekasi beberapa waktu lalu.(yahya)

BEKASI – Puluhan pompa air mobile disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot)  Bekasi, untuk  menghadapi musim hujan  tahun ini.

Pompa sebanyak 26 unit itu nantinya diharapkan bisa memompa air secara maksimal di sejumlah lokasi rawan banjir.

“Disamping yang sudah stand by kita punya 26 pompa yang bisa kita pindah pindahkan sesuai dengan nanti tinggi intensitas banjirnya,” kata Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Kamis (3/12/2020).

Tri menjelaskan, beberapa ruas jalan atau pemukiman warga kini rawan tergenang air, ketika hujan melanda Kota Bekasi.

Baca juga: Korban Banjir Bekasi Gratis Ganti Dokumen Kependudukan

Banjir ini, kata dia, berbeda dengan banjir kiriman yang disebabkan luapan Kali Bekasi dari hulu sungai di wilayah Cileungsi dan Cikeas.

“Tahun lalu kita hanya berdampak di kali Bekasi, sekarang kita harus melihat di kali Sunter, kali Cakung, karena kemudian terjadi penambahan volume air karena semakin kecilnya ruang terbuka hijau untuk penyerapan air,” terang dia.

Jalan KH Noer Ali Kalimalang tepatnya di dekat kawasan Kota Bintang, tiap hujan melanda, ruas jalan penghubung Jakarta itu selalu digenangi air hingga menyebabkan gangguan lalu lintas.

Banjir di Kota Bekasi saat ini juga dampak dari pembangunan infrastruktur seperti LRT, Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang memangkas ruang terbuka di sisi Jalan Tol Jakarta Cikampek.

Baca juga: Prabowo Bantu Korban Banjir Bekasi

“Karena perkembangan dengan adanya LRT dan Tol Becakayu ini kan mengurangi ruang hijau yang ada di Kota Bekasi sehingga tingkat penyebaran genangan air itu jadi lebih merata,” terangnya.

Selain pompa air mobile, Pemkot Bekasi memiliki sekitar 23 titik pompa yang sudah dipasang di sejumlah titik rawan banjir. (yahya/tri)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->