ADVERTISEMENT

Geliat UMKM Jakarta pada Pandemi

Selasa, 29 Desember 2020 15:26 WIB

Share
Geliat UMKM Jakarta pada Pandemi

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-Pada situasi ini Covid-19 yang terjadi di wilayah Indonesia memberikan suatu dampak buruk terhadap roda perekonomian masyarakat Indonesia . begitupun untuk para pelaku Usaha Mikro kecil Menengah (UMKM) di Kota Jakarta .

Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari 9 bulan, telah mempengaruhi kondisi keuangan masyarakat. Meski demikian, banyak pula yang memutar otak untuk memperbaiki kondisi keuangannya.

Banyak dari pelaku UMKM  yang mengalami kerugian, akibat merosotnya jumlah penjualan sejak sebulan ke belakang. Tetapi mereka selalu mencari cara untuk menaikan pemasukan perekonomian mereka untuk memperbaiki keuangan .

“Dampak Covid-19 sangat besar untuk UMKM , permintaan dan kegiatan menurun bahkan banyak UMKM yang gulung tikar karena perekonomian sulit dan bahan baku sangat susah dan barang modal juga susah ,” ujar Staf Khusus Kementerian Keuangan, Yustinus Prastowo, dalam diskusi virtual

Banyak pakar berpendapat bahwa UMKM harus melakukan inovasi agar dapat bertahan di tengah pandemi.sebuah inovasi dianggap dapat membawa UMKM bertahan dan keluar dari krisis perekonomian di masa pandemi ini.

 

Bentuk Inovasi

Inovasi mengacu pada sesuatu yang baru dan membuat suatu perubahan bagi produk ,ide atau hal lainnya . Inovasi terbagi menjadi lima bentuk , yaitu inovasi  produk, perusahaan, pemasaran, sumber daya manusia, dan keuangan .

Inovasi produk berkenan dengan penawaran produk baru ke pasar. Inovasi ini dilakukan agar bisa menciptakan produk yang berkualitas dengan hargan yang terjangkau.

• Inovasi Perusahaan : Berkaitan dengan strategi-strategi di dalam perusahaan tersebut untuk berkompetisi dengan perusahaan lain agar lebih unggul dalam bidangnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Tatang Suherman
Editor: Tri Broto
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT