ADVERTISEMENT

Kolinlamil Bantu Warga Cibungin Tanam Bibit Padi untuk Ketahanan Pangan

Sabtu, 26 Desember 2020 01:35 WIB

Share
Kolinlamil Bantu Warga Cibungin Tanam Bibit Padi untuk Ketahanan Pangan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan  penanaman bibit padi bersama dengan masyarakat Desa Setia Jaya, Cibungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (24/12/2020).

Pengembangan penanaman padi ini merupakan bagian dari kegiatan ketahanan pangan Staf Potensi Maritim Kolinlamil dalam membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan dari pemerintah.

Kegiatan penanaman bibit padi ini adalah kegiatan bidang Potensi Maritim dalam membina ketahanan pangan desa binaan Kolinlamil, demikian disampaikan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, SH, CHRMP, M. Tr (Opsla)yang diwakili Asisten Potensi Maritim  Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi saat mengikuti penanaman tersebut. Dalam rangka Ketahanan Pangan Tahun 2020 ini Kolinlamil turut mendukung program pemerintah.

Baca juga: Progres Padat Karya Penanaman Mangrove di Banten Ditinjau Menteri Siti Nurbaya

Dijelaskannya, bahwa penanaman padi  penanamannya pada tanggal 24 Desember 2020. Padi dapat dipanen dengan masa tanam 120 hari serta dapat menghasilkan 6 sampai 7 Ton per hektar.

Menurut Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi selain penanaman padi, Kolinlamil juga melaksanakan budidaya ikan lele bekerjasama dengan masyarakat binaan Kolinlamil di Desa tarumanegara, Muara Tawar, Kabupaten Bekasi.  

“Uji coba penanaman dimulai tanggal 24 Desember 2020, dan dipanen pada akhir April 2021 dengan lama masa tanam 120 hari yang dapat menghasilkan sekitar 2,5 ton/8.000 M2,” katanya. 

Baca juga: Cegah Banjir Rob di Masa Depan, 5.000 Bibit Mangrove Ditanam di Kawasan PIK

Selain di wilayah beberapa Kabupaten Bekasi, lanjutnya Kolinlamil juga akan melakukan uji coba penanaman dibeberapa wilayah binaan lain sampai saat ini masih melalui tahap penelitian.

Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi menjelaskan Program Ketahanan Pangan Kolinlamil, selain ujicoba pengembangan padi bibit unggul. Kolinlamil juga sosialisasi dan mengedukasi budi daya Lele dan Aquaponic kepada anggota Kolinlamil agar dapat dikembangkan di rumah masing-masing.  

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT