Download E-Paper

Pokdakan Sedulur Barokah Bantu Ekonomi Warga melalui Budidaya Ikan Lele

Senin, 21 Desember 2020 - 01:15
Lokasi budidaya ikan lele milik Pokdakan Sedulur Barokah. (ist)

PASAR REBO, POSKOTA.CO.ID - Warga RW 09 Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur (Jaktim), membentuk kelompok pembudidayaan ikan (Pokdakan) Sedulur Barokah. Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa membantu perekonomian.

Atas upaya warga tersebut, membuat Pemkot Jakim ikut tergugah dengan memberikan bantuan benih ikan agar bisa dimanfaatkan oleh warga.

Wakil Camat Pasar Rebo, Santoso langsung menyerahkan benih ikan di kolam milik Pokdakan Sedulur Barokah. Sebanyak 10 ribu ekor benih Ikan Lele ditebar di 10 kolam yang disiapkan. “Dengan benih yang disiapkan diharapkan bisa meningkatkan pendapatan warga ditengah pandemi Covid-19,” kata Santoso, kemarin.

Baca juga: Pengantin di Desa Cikande Bakal Diwajibkan Tebar Benih Ikan di Situ Ciherang

Menurut Santoso, budidaya Ikan Lele cukup menakjubkan. Warga menyiapkan lima kolam ukuran 2x2 meter, satu kolam berukuran 5x8 meter dan pengelolaan budidaya ikan di dalam ember. “Hasil dari penjualan ikan akan diberikan ke warga,” ujarnya.

Santoso berharap agar warga nantinya tak menjual seluruh ikan yang dipanen. Namun, Sebagian dibagikan ke masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi dan protein hewani yang terkandung dalam daging ikan. “Doa kami mudah-mudahan budidaya ikan yang dilakukan warga bisa terus berkembang,” ungkapnya.

Lurah Gedong, Jiji Kusmawan menambahkan, dari hasil tebar benih ini nantinya bibit ikan lele yang sudah memasuki umur panen, akan di jual ke masyarakat dan penjual sayuran di lingkungan RW 09. “Ini untuk menambah pemasukan warga sekitar,” ujarnya.

Baca juga: Nana Mirdad Mengaku Tak Pernah Makan Lele Goreng

Budidaya ikan sudah berjalan selama tiga bulan, dan sudah berhasil panen sekali. “Hasil jualnya dibelikan bibit ikan kembali dan sisanya dibagi kepada Pokdakan Sedulur Barokah,” terangnya. (ifand/ta)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->