ADVERTISEMENT

Kemenhub Siapkan Regulasi untuk Cegah Penyalahgunaan Drone

Senin, 21 Desember 2020 11:35 WIB

Share
Kemenhub Siapkan Regulasi untuk Cegah Penyalahgunaan Drone

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan implementasi dan inovasi pengoperasian drone pada masa depan memiliki potensi yang tidak terbatas.

Menurutnya, drone bisa diimplementasikan untuk keperluan sipil, baik di sektor nirlaba ataupun sektor komersial. 

"Namun dengan manfaat yang besar, drone juga memiliki risiko jika tidak diatur dan dikelola dengan tepat. Oleh sebab itu, beberapa langkah harus dilakukan untuk meningkatkan mitigasi risiko terkait drone," ujar Budi Dalam webinar internasional bertajuk "Regulations and Challenges in Drone Operation", Senin (21/12/2020). 

Baca juga: Pakai Drone, Bekasi Diisemprot Desinfektan

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti menjelaskan pengoperasian drone harus mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kepatuhan di sektor penerbangan. 

Menurutnya saat ini tantangan dalam perkembangan teknologi drone, terutama untuk penggunaan komersial di Indonesia, khususnya di perkotaan harus diatur sedemikian rupa sehingga menjamin tingkat keamanan. 

"Pengoperasian drone di negara lain dapat menjadi pembelajaran untuk diterapkan di Indonesia. Untuk itu, diperlukan pertukaran informasi dari pakar internasional tentang pengembangan operasi dan praktik penggunaan drone," kata Umiyatun. 

Baca juga: 20 Personel Dispenad Peroleh Sertifikasi FASI Sebagai Pilot Drone

Umiyatun menuturkan, saat ini pihaknya melakukan sosialiasi yang melibatkan komunitas pengguna drone untuk menginformasikan penataan pengoperasian drone di ruang udara Indonesia. 

"Penataan dilakukan agar tidak terjadi pelanggaran zona larangan terbang dan untuk menjaga keselamatan penerbangan," jelasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT