ADVERTISEMENT

UGM akan Anugerahkan Gelar Doctor Honoris Causa kepada Tokoh Organisasi Pewayangan Solichin

Rabu, 16 Desember 2020 04:02 WIB

Share
UGM akan Anugerahkan Gelar Doctor Honoris Causa kepada Tokoh Organisasi Pewayangan Solichin

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA – Universitas Gajah Mada (UGM) akan menganugerahkan gelar Doctor Honoris Causa (DHC) kepada tokoh organisasi pewayanan Drs H Solichin, pada Jumat (18/12/2020) di Gedung Pewayangan Kautaman, TMII, Jakarta.

Sejauh ini, Solichin merupakan tokoh yang gigih dalam organisasi pewayangan, baik di Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia) maupun di Senawangi (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia).

Di masa kepengurusannya juga wayang mendapat pengakuan dari organisasi kebudayaan dunia Unesco, yakni pada pada 7 November 2003, sebagai karya Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity, warisan kebudayaan dunia, karya warisan lisan dan tak benda terkait kemanusiaan, di serahkan di Paris, Prancis.

Baca juga: Karni Ilyas Umumkan Program ILC Yang Dipandunya Cuti Panjang Tahun 2021

Atas rencana penganugerahan gelar Doctor Honoris Causa dari UGM tersebut, pengamat budaya dari Prodi Jawa, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia (FIB UI) Dr Darmoko mengatakan, Drs H Solichin telah memiliki pengalaman pengabdian panjang pada dunia pewayangan. Sehingga bagi Solichin, wayang telah manjing sajiwa ke dalam dirinya (masuk ke dalam jiwa raganya, mandarah daging).

"Pengalaman dan pengetahuan selama puluhan tahun di jagad pewayangan dan pedalangan membuat beliau sudah manjing sajiwa ke dalamnya,” kata Darmoko, dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (15/12/2020).

Ia mengaku telah mengikuti kiprah Solichin di keorganisasian Pepadi dan Senawangi sejak era Presiden Soeharto hingga sekarang, sehingga bisa melihat dari dekat.

Baca juga: MPR Tanggapi Pernyataan Presiden Jokowi soal Taat Hukum di Indonesia

“Selama saya mengikuti kiprah beliau di jagad pewayangan dan pedalangan melalui organisasi PEPADI dan SENAWANGI sejak tahun 1985, beliau punya sikap rendah hati, selalu bersyukur, tulus ikhlas, dan sabar dalam pengabdian selalu ditunjukkan kepada semua orang dalam organisasi ini,” kata Darmoko, dosen yang juga seorang dalang ini.

Bukan itu saja, menurut dia, Solichin merupakan tokoh yang tekun, ulet, dan pantang menyerah kalau sudah bicara soal wayang.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT