ADVERTISEMENT

Muhammadiyah Minta Warga Gunakan Hak Pilih di Pilkada Serentak

Sabtu, 5 Desember 2020 14:59 WIB

Share
Muhammadiyah Minta Warga Gunakan Hak Pilih di Pilkada Serentak

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Dalam hitungan hari, masyarakat akan menggunakan hak pilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020. 

Hari ini merupakan hari terakhir kampanye, dan pada tanggal 6, 7 dan 8 Desember 2020 memasuki masa tenang. 

Pilkada 2020 kali ini diselenggarakan untuk memilih kepala daerah di 270 daerah, dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Baca juga: Dua Mantan Pengurus Muhammadiah Kembali Mangkir dari Panggilan Penyidik Polda

Terkait pelaksanaan Pilkada 2020 ini,  Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti meminta masyarakat berpartisipasi aktif dan menggunakan hak pilih sesuai hati nurani, bertanggung jawab, dan menjauhi semua bentuk politik uang.

"Penyelenggara Pilkada di semua tingkatan, termasuk di TPS agar menunaikan tugas secara profesional, jujur, adil, akuntabel, dan bersih dari segala praktik tercela yang dapat merusak kredibilitas penyelenggaraan dan keabsahan Pilkada,"  terang Abdul Mu'ti.

Muhammadiyah juga minta semua pasangan calon dan para pendukungnya agar bersikap ksatria, elegan, dan menerima hasil pemilu yang ditetapkan oleh KPU. Semua permasalahan diselesaikan sesuai hukum dan peraturan serta menghindari segala bentuk kekerasan.

Baca juga: Presiden Jokowi Mengungkapkan Ibunya Adalah Seorang Muhammadiyah

Abdul Mu'ti juga minta semua pihak mematuhi protokol Covid-19 agar tidak terjadi kerumunan massa dan penulararan Covid-19 di arena pilkada, terutama di tempat pemungutan  suara.

"Penyelenggara Pilkada memastikan bahwa semua proses dalam tahapan penyelenggaraan dan alat-alat yang dipergunakan aman dari virus corona dan kemungkinan terjadinya klaster Pilkada," Abdul Mu'ti menandaskan. (johara/tri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT