ADVERTISEMENT

PMI Kota Tangsel Siap Melakukan Donor Darah Plasma

Rabu, 2 Desember 2020 15:18 WIB

Share
PMI Kota Tangsel Siap Melakukan Donor Darah Plasma

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGSEL  - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan 9tazngsel) mengaku telah mendapatkan izin dari PMI Pusat tuntuk melakukan donor plasma. Sebanyak 10 pasien yang telah dinyatakan sembuh dari covid-19 akan diundang.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang Selatan, Suhara Manullang mengatakan untuk mekanismenya, pihaknya akan menggelar rapat bersama Dinas Kesehatan dan RSU Kota Tangsel.

“Donor plasma sudah bisa di Tangsel, sudah minta izin dari pusat dan sudah disetujui. Kalau alat sudah secara legalitas oke," ujar Suhara kepada poskota.co.id, Rabu (2/12/2020).

Baca juga: Pasien Sembuh Klaster Secapa AD Bertambah jadi 1.241 Orang, 46 Lakukan Donor Plasma

Suhara mengatakan pihaknya akan mengundang 10 pasien yang telah dinyatakan sembuh dari covid-19.

Menurutnya karena metode antara donor darah biasa dengan donor darah plasma berbeda maka dibutuhkan waktu ekstra untuk mendonor.

"Hari senin akan kita undang para alumni (pasien sembuh covid-19), PMI sudah siap nanti tinggal Teknis nya karena satu orang itu membutuhkan waktu satu jam lebih karena ini donor khusus. Alatnya khusus, nanti tinggal di stel jadi yang keluar hanya plasmanya saja," katanya.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Stok darah di PMI Kota Tangsel Mulai Meningkat

Untuk syarat menjadi pendonor, lanjut Suhara, merupakan orang yang pernah tertular dan sembuh dari Covid-19, hal itu dibuktikan dari hasil swab test yang negatif.

"Kemudian umur 18 sampai 59 tahun nanti dicek lagi seperti donor pada umumnya aja, diupayakan laki- laki dan perempuan yang belum hamil. Dan yang donor itu dikasih batas maksimal tiga bulan dari dia sembuh walaupun nanti dicek titer anti bodinya, kalau belum kan percuma juga," jelasnya. (toga/win)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT