ADVERTISEMENT

Program Pemerintah Internet Untuk Semua Dongkrak Pertumbuhan Jakarta

Senin, 30 November 2020 13:55 WIB

Share
Program Pemerintah Internet Untuk Semua Dongkrak Pertumbuhan Jakarta

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA – Kehadiran jaringan wifii atau internet di pelosok ibukota diyakini sangat membantu masyarakat dalam aktivitas pendidikan, sosial hingga ekonomi. Sehingga kehadiran program JakWiFi dapat mendongkrak pertumbuhan di Jakarta.  

"Karena JakWiFi ini bukan untuk anak-anak sekolah saja. Hampir seluruh usaha kecil menengah (UKM) kita juga sudah dorong untuk bisa bergerak dalam platform digital. Dengan keterbatasan gerak saat ini, ya semua orang harus melakukan gerak digital," ujar Kepala Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta, Atikah Nur Rahmaniah.

Dia menuturkan, informasi lokasi titik akses JakWiFi beserta perluasannya dapat dicek oleh publik menggunakan aplikasi JAKI (Jakarta Kini).  Penyediaan akses internet gratis ini diharapkan bisa menjadi langkah awal dalam hal akselerasi transformasi digital warga Jakarta sebagai respon untuk mengoptimalkan kesempatan di tengah menghadapi pandemi Covid-19.

Baca juga: Menkominfo: Penyediaan Akses Internet di Faskes Rampung Awal 2021

"Tentunya dengan segala masukan dan dukungan, kami ingin sekali bisa mengembangkan program JakWifi ini. Karena pada akhirnya yang menikmati adalah masyarakat Jakarta," kata Atika.t

PRODUKTIVITAS MASYARAKAT

Senada dengannya, Kepala BLUD Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha mengatakan JakWiFi merupakan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mendukung konektivitas dan produktivitas masyarakat di masa pandemi Covid-19 dengan menyediakan akses internet gratis di ribuan titik di seluruh penjuru Ibu Kota.

“Kami menyadari, belum semua warga Jakarta memiliki akses internet, terutama mereka yang tinggal di perkampungan padat penduduk. Hambatan serupa juga dialami oleh sebagian peserta didik yang saat ini sedang mengikuti PJJ di rumah. Oleh karena itu, Pemprov DKI kembali mengambil kebijakan inovatif dalam wujud Internet untuk Semua-JakWIFI," kata Yudhistira.

Program yang diluncurkan pada 28 Agustus 2020 lalu ini ditujukan untuk memudahkan masyarakat belajar dan bekerja dari rumah demi menekan angka penyebaran Covid-19. Dia memastikan, pemasangan akses internet gratis ini terselenggara karena dukungan kolaborasi dari Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) dan PT Bali Towerindo Sentra (Molecool).

Baca juga:  Bantuan Kuota Internet Dibagi Bertahap, Ini Penjelasan Menteri Nadiem

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Guruh Nara Persada
Editor: Guruh Nara Persada
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT