PKS: Pemerintah Harus Geser Pusat Gravitasi Pembangunan Inovasi

Senin, 30 November 2020 16:00 WIB

Share
PKS: Pemerintah Harus Geser Pusat Gravitasi Pembangunan Inovasi

JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto meminta pemerintah aktif mendorong kalangan swasta dalam hal pengembangan IPTEK dan inovasi nasional. Upaya tersebut tidak bisa hanya mengandalkan peran pemerintah seperti yang terjadi hingga hari ini.

Jika pemerintah serius ingin program pengembangan IPTEK dan inovasi nasional berhasil, maka harus mengubah titik berat gravitasi, dari dominasi pemerintah ke swasta.

"Sekarang ini dari aspek anggaran, peneliti dan kelembagaan litbang riset dan inovasi kita lebih dari 80%-nya didominasi oleh pemerintah. Uang, aktor dan institusi riset semuanya pemerintah. Karenanya pembangunan IPTEK lebih bersifat supply technology push, bukan karena tarikan pasar," kata Mulyanto, Senin (30/11/2020).

Baca juga: Kritisi Dana Abadi Riset Iptek, PKS Singgung Anggaran Influencer

Ini tidak alami, katanya, karena sejatinya aktor utama inovasi adalah entrepreneur. Pemerintah bertugas membangun ekosistem inovasi, kebijakan, insentif dan disinsentif.  Dan ini bukan melulu pekerjaan Kemenristek. Namun pemerintah secara keseluruhan.

"Untuk itu perlu transformasi struktural pembangunan IPTEK dengan memindahkan titik berat gravitasi dari pihak pemerintah ke swasta/ industri. Merekalah yang lebih paham kebutuhan pasar dan teknologi yang diperlukan," tegas Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Bidang Industri dan Pembangunan ini. 

Mulyanto menambahkan, tantangan Indonesia ke depan adalah meningkatkan daya saing dan nilai tambah produk IPTEK dan inovasi dibanding produk bangsa lain. Untuk itu diperlukan program terencana dan sistematis membangun kualitas SDM unggul bangsa Indonesia.

Baca juga: Puspiptek Innovation Festival 2019 Dorong Peningkatan Kapasitas Iptek

"Ke depan peran pengembangan IPTEK dan inovasi memang tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah. Tapi harus dibangun ekosistem yang mendorong peran pihak swasta yang dominan dalam pengembangan program pengembangan IPTEK dan inovasi nasional. Sehingga manfaat IPTEK dan inovasi bagi ekonomi dan pembangunan nasional benar-benar dirasakan. Bukan marjinal seperti sekarang ini," tandas Mulyanto. (rizal/ys)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar