ADVERTISEMENT

Kawanan Bajing Loncat yang Aksinya Viral Ditangkap Polisi

Kamis, 26 November 2020 15:57 WIB

Share
Kawanan Bajing Loncat yang Aksinya Viral Ditangkap Polisi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Unit Reskrim Polres Jakarta Timur, akhirnya meringkus komplotan bajing loncat yang menjarah muatan truk di Jalan Raya Bekasi, Cakung. Aksi kawanan ini pun sempat viral di media sosial lantaran aksinya dilakukan siang hari dan kondisi jalan macet.

Kapolres Jakarta Timur, Kombes Arie Ardian Rishadi mengatakan, berbekal vitalnya video aksi bajing loncat, pihaknya sudah mengamankan kawanan ini. Keduanya adalah Edward Lisanjaya, 32 dan Pendi, 20, yang merupakan pengangguran. "Modusnya ketika kondisi jalan sedang padat, mereka naik ke truk lalu mengambil muatan," katanya, Kamis (26/11).

Dalam menjalankan aksinya, kata Kapolres, Edward dan Pendi berkomplot dengan dua pelaku lain yang kini buron, keempatnya selalu berbagi tugas saat beraksi. Dimana dua orang naik ke truk untuk menjarah, dua lainnya mengambil barang yang dijatuhkan. "Pengakuannya aksi bajing loncat itu sudah dua kali mereka lakukan dalam satu bulan ini," ujarnya.

Baca juga: Aksinya Viral di Media Sosial Komplotan Bajing Loncat Disergap

Dalam setiap aksinya, tambah Arie, mereka mengincar truk yang membawa potongan besi. Hal itu agar barang curiannya bisa dengan mudah dijual dan menjadi uang untuk kehidupan harian hingga mabuk. "Karena sekali beraksi menjarah besi, mereka biasanya mengantongi uang Rp500 ribu. Uangnya dibagi-bagi dan sisanya buat mabuk," tambahnya.

Atas aksi yang dilakukan kawanan yang tak memilili pekerjaan, mereka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian Disertai Pemberatan dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. "Barang bukti yang diamankan lima potong besi hasil kejahatan mereka, yang belum sempat dijual," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, kawanan bajing loncat, beraksi di Jalan Raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur, dengan menjarah besi dari sebuah truk. Aksi kawanan yang berjumlah empat orang itu pun viral di media sosial dan mereka seakan tak takut karena melakukan penjarahan di siang bolong. 

Baca juga: Saber Preman Dibentuk Buru Bajing Loncat

Aksi bajing loncat itu pun viral setelah video para pelaku yang beraksi direkam oleh pengemudi truk lain yang lalu menyebarkan lewat pesan Whatsapp dan media sosial. "Ini bajing loncat, ini orang-orang bajing loncat. Penjarahan," kata sopir truk perekam video tersebut. (Ifand/win)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT