ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Bersama PLN Resmikan PLTS di Pulau Sebira

Rabu, 25 November 2020 18:32 WIB

Share
Pemprov DKI Bersama PLN Resmikan PLTS di Pulau Sebira

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta bersama PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya), meluncurkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Sebira, Kepulauan Seribu. Kehadirannya merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menghadirkan keadilan sosial bagi warganya.

"Alhamdulillah ini merupakan hari yang membahagiakan, pulau (Sebira) dengan 600 keluarga ini akan memiliki listrik bukan hanya aman tetapi juga ramah lingkungan," ucap Gubernur DKI, Anies Baswedan, Rabu (25/11/2020).

Menurutnya, hadirnya PLTS di Pulau Sebira ini mengirimkan pesan penting bukan hanya bagi warga Jakarta melainkan juga seluruh Indonesia. Karena, adanya fasilitas yang terpenuhi di kepulauan di Jakarta, dapat menyemangati terpenuhnya juga di kepulauan lain di Indonesia.

“Mengapa ini penting dalam konteks Indonesia dan Jakarta. Satu adalah konektivitas (kelistrikan), Jakarta terdiri dari daratan dan kepulauan. Dan warga Jakarta harus memiliki akses yg sama atas fasilitas yg disediakan pemerintah," ujar Anies.

"Kemampuan kita menghadirkan konektivitas di Kepulauan Seribu mengirimkan pesan bila kawasan pulau yg terdekat dengan pusat kekuasaan terfasilitasi, maka yang jauh insya Allah yang jauh bisa terfasilitasi juga,” jelasnya.

Baca juga: Pengoperasian PLTS di Pulau Sebira Kepulauan Seribu Masuk Tahap Akhir

Ditambahkannya, konektivitas kelistrikan menjadi salah satu elemen penting bagi masyarakat kepulauan untuk meningkatkan taraf hidup, ekonomi, dan kesejahteraan mereka. 

"Seperti dengan adanga listrik, maka warga Pulau Sebira dapat mengakses cold storage yang membuat hasil tangkapan mereka dapat tetap segar sehingga meningkatkan nilai jual," bebernya.

General Manager PLN UID Jaya, Doddy B. Pangaribuan menyebutkan, dengan adanya PLTS Sebira ini dapat meningkatkan pemanfaatan Green Energy dari EBT (Energi Baru Terbarukan) untuk kelistrikan di Indonesia.

Baca juga: Tangani Limbah Rumah Tangga, SPALD Dibangun di Pulau Sebira

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT