ADVERTISEMENT

Satgas Minta Warga yang Pernah Berkerumun Sukarela Tes Covid-19: Di Puskesmas, Gratis!

Minggu, 22 November 2020 08:56 WIB

Share
Satgas Minta Warga yang Pernah Berkerumun Sukarela Tes Covid-19: Di Puskesmas, Gratis!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat yang pernah berada di kerumunan untuk sukarela mengikuti tes virus corona atau Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo mengatakan kerelaan hati masyarakat untuk menjalani pemeriksaan tes swab dapat membantu memutus mata rantai penularan virus yang telah memakan jutaan korban jiwa tersebut.

“Dibutuhkan kerelaan hati dari masyarakat untuk melakukan swab, utamanya bagi yang pernah mengikuti kerumunan termasuk selama liburan panjang, demonstrasi menolak UU Cipta Kerja maupun kerumunan lain. Tes swab di Puskesmas, tidak dipungut biaya,” tegas Doni dalam rapat koordinasi virtual melalui aplikasi Zoom, Sabtu (21/11/2020) sore.

Hadir dalam rapat tersebut antara lain Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan sejumlah kepala puskesmas.

Baca juga: Satgas Covid-19 Minta Pemda Tingkatkan Tes Swab di Akhir Pekan

Pembahasan rapat koordinasi tersebut fokus pada upaya testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) menyusul mulai ditemukannya kasus baru setelah terjadi kerumunan baik semasa libur panjang, penjemputan tokoh agama di Bandara Soekarno Hatta, kerumunan di Tebet, Jakarta Selatan, Megamendung, Bogor, dan Petamburan, Jakarta Pusat baru-baru ini.

Dalam arahannya, Doni Monardo menyadari kesulitan yang dihadapi petugas di lapangan. Tak lupa ia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras mereka dalam melayani masyarakat menghadapi pandemi Covid-19.

Doni juga berharap dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat di setiap daerah, termasuk para Ketua RT dan Ketua RW. “Sampaikan bahwa kita akan melakukan test massal, dimulai dari keluarga inti yang positif. Ini bagian dari upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.”

Baca juga: Lurah Petamburan Reaktif, Walikota Jakarta Pusat Minta ASN dan PJLP Tes Swab

Menurutnya, upaya ini tidak akan berhasil tanpa dukungan semua pihak. “Karenanya perlu kerja sama yang baik dan harmonis. Semua harus dilakukan dengan pendekatan humanis,” imbuhnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT